Home > Otomotif > Modifikasi Motor > Akhirnya Pasang Velg & Ban Tapak Lebar

Akhirnya Pasang Velg & Ban Tapak Lebar

Setelah beberapa hari sebelumya persiapan buat ganti kaki-kaki new scorpio disini, maka kemarin adalah waktu buat eksekusi. CR(Connecting Road) juga sudah ditangan, dimana CR ini saya pesan dari Abbys Performance. Prosesi ritual ganti kaki ini diabntu sepenuhnya sama adik saya Ki Salim (aromarpm.com) yang bela-belain tuker shift kerjaan, dan tentunya istri saya tercinta yang nyipain cemilan istimewa buat temen mbengkel. 😀

Sebelum prosessi ritual dan menunggu Ki Salim datang, saya terlebih dulu hunting laher / bearing di bengkel terdekat. Pilihan jatuh ke SKF Enduro yang katanya bagus. Dengan harga 25rb/pcs an untuk bearing roda dan 27rb/pcs untuk bearing gir belakang. Setelah itu coba pasang bearing sendiri.

Akhirnya Ki Salim datang dan bantu buat oprek ban belakang. Lumayan kemringet juga gara-gara ada 3 baut pengikat cakram depan susah dilepas, mana kemudian kepala bautnya udah lumur alias ambyar. Padahal saya pake kunci L Tekiro, lha ternyata bautnya ya kalah. SO, akhirnya mau ga mau bawa ke tukang las buat lepasin bautnya sama ke bengkel cari baut cakram yang baru.

Bongkar CR dan sekalian dibersihkan AR-nya. Agak susah karena ternyata kotor sekali. Setelah dibersihin pake bensin, CR dan bushing nya disuci dan disikat pake air sabun trus dikeringkan. Kemudian fitting ban belakang sampai ketemu posisi yang pas. Dan muepett buanget mas bro, Battlax BT-45R 130/70 dengan Velg 4″  ternyata hanya menyisakan kira-kira 0,5cm dan mencoak sedikit penutup rantai biar tidak bergesekan dengan ban.

Spakbor depan asli dilengserkan dan diganti dengan spakbor variasi yang lebih lebar. Spakbor ini baru saya pasang tadi malam, coz kemarin sudah terlalu sore dan ada acara di rumah bapak. Dan yang masih jadi PR adalah plat buat handle rumah rem belakang, sementara ini pake skrup yg agak panjang biar platnya lebih renggang dan ga bergesekan dengan ban. Ke depan mau saya pesankan plat custom di tukang las.

Setelah terpasang, saya bawa ke bengkel sepeda di seberang jalan buat dipompa, coz ban dalam kondisi kempes. Trus buat bawa muter-muter bentar buat tes ride. Awalnya agak berat sih buat nikung-nikung, coz mungkin angin masih kurang. Ga sempat cek karena pas ga bawa alat ukur tekanan ban. Setelah itu balik ke rumah, ambil alat ukur tekanan ban trus meluncur ke SPBU terdekat biar ga capek pake pompa manual. Ternyata bener, tekanan masih kurang jauh sekali, akhirnya saya isi angin dengan tekanan 34psi untuk ban belakang dam 28psi untuk ban depan. Nah ini baru nyaman dikendarai.

Sekang sudah tidak tampak cungkring lagi. Ditambah penggantian CR dengan aftermarket yang lebih pendek, maka tinggi jok agak naik. Mungkin skitar 2-3 cm. Kalo lebih tinggi dari itu juga ga enak dan kasihan klo istri bonceng nantinya :D. Arm masih menggunakan standard-nya, pas banget. Klo dikasih ban lebih besar misalnya 140/70 pasti ga muat. Ke depan buat subtitusi mungkin hunting ban yg profilnya 120 biar ga terlalu mepet sama arm dan ketinggian 80 biar ga terlihat ceper banget karena velg menggunakan 4″ dan 3,5″.

Modifikasi simple dan tidak banyak merubah komposisi utama/standard. Dan ini konsep yang saya suka karena tidak begitu mencolok. Ada yang kasih saran buat ganti stang Byson, tapi saya sendiri merakan stang asli pio ini juga lumayan enak & nyaman. Meski tidak se-eye cathing stang nya Byson 😀

etelah beberapa hari sebelumya persiapan buat ganti kaki-kaki new scorpio disini, maka kemarin adalah waktu buat eksekusi. CR(Connecting Road) juga sudah ditangan, dimana CR ini saya pesan dari Abbys Performance. Prosesi ritual ganti kaki ini diabntu sepenuhnya sama adik saya Ki Salim (aromarpm.com) yang bela-belain tuker shift kerjaan, dan tentunya istri saya tercinta yang nyipain cemilan istimewa buat temen mbengkel. :D Sebelum prosessi ritual dan menunggu Ki Salim datang, saya terlebih dulu hunting laher / bearing di bengkel terdekat. Pilihan jatuh ke SKF Enduro yang katanya bagus. Dengan harga 25rb/pcs an untuk bearing roda dan 27rb/pcs…

Review Overview

User Rating: 2.4 ( 3 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

13 comments

  1. Wah..manteb gan..coba ganti swing arm nya dengan banana..cr nya ori bawaan aja..bisa pakai ban 150/80/17buat ban belakang..velg belakang 4.5 inch…ban depan 110/70/17…velg depan 3 inch..
    Dijamin makin keker..kaya punya saya..minusnya cari 130km/jam..susah..waktu pakai ban standar 140km/jam..gampang..
    Suwun

  2. wah mantep nih, kaki kaki jadi kekar banget

  3. joss, 4″ & 3.5″ po ra mepet puol kang? pake acara ganjel2 ring gak kang? seal debu di CR dipasang kan kang?

    • mepet, paling space 1/2cm.. tapi ga pake ganjel ring…
      soal seal debu… wah iyo… lali ga kepasang.. wkwkw… ternyata sih nempel ning CR lawas.. pantes wingi kok ono sing diroso kurang ki opo… wwkkkwk suwun kang di elingke… sesuk bongkar meneh sik 😀 hehee

  4. jadi turing apa nggak… eh

  5. jadi makin keker nih, siap melibas jalanan boyolali – wonosobo – pemalang 😀

Silahkan berkomentar