Home > Otomotif > Modifikasi Motor > Pasang Aksesoris Yang Berhubungan Dengan Listrik Di Motor

Pasang Aksesoris Yang Berhubungan Dengan Listrik Di Motor

Kali ini saya coba mengulas beberapa aksesoris yang biasa dipasang di motor terutama yang berhubungan dengan kelistrikan. Untuk diketahui, selama ini soal pasang-pasang aksesoris model ginian, saya hampir selalu oprek sendiri alias tidak pernah andalkan bengkel buat ngerjainnya. Pernah sih dipasangkan di bengkel, cuman karena pemasangan terkesan seadanya, ya akhirnya bongkar lagi sendiri berbekal sedikit pengetahuan soal listrik dan elektronik dan tentunya referensi di internet.

Alarm

Alarm motor yang saya pake ini sudah kedua kalinya. Yang pertama sebenarnya masih berfungsi cuman sepertinya sudah error karena kadang ketika keadaan LOCK, dalam kondisi tertentu mesin bisa dinyalakan. Akhrinya diputuskan ganti dengan yang baru. Sebelum saya ganti, saya bongkar sendiri dulu rangkaian yg dipasang oleh bengkel, dan ternyata…. saya terkejut mas bro… pasang kabel serabutan cuman diseliap sana-sini, dan ga rapi blas…. apalagi waktu pasang tidak boleh ditunggu.. jadi ga bisa supervisi… akhirnya saya lepasin semua.. sekalian ganti baru.. akhirnya saya pasang sendiri dengan lebih rapi. Semuanya tanpa potong kabel asli. Dan ternyata alhamdulillah alarm sampai sekarang fine tanpa kendala kerusakan yg berarti.

Klakson

Nah ini yang palign jengkel… mulai resah ketika pasang di bengkel aksesoris dengan biaya pasang 10rb, tapi pas awal masang sekring langsung mati gara-gara mekanik salah pasang relay. Akhirnya setelah saya jelasin posisi kaki relay yg kebetulan berbeda (mereka cuman hafalan), klakson berhasil dipasang seadanya dengan kabel tipis dan cuman dikaitkan di socket klakson trus di isolasi. Rasanya bawa emosi aja klo ga ingat biaya pasang cuman 10rb. Akhirnya sampai rumah bongkar sendiri, ganti kabel yg lebih besar, kabel yang menuju socket diganti pake skun gepeng+isolator. Begitu juga kabel yg ke relay. Kabel klakson sebelah yg tidak dipakai diisolasi biar tidak konslet. Kabel ke aki diganti yang lebih besar juga dan ditambahkan sekring. Posisi klakson juga dibetulkan dimana sebelumnya menghadap ke depan, diganti menghadap ke samping sesuai dengan petunjuk pemasangan. Dan akhirnya.. toet.. toet… it works.

Charger USB

Mungkin klo yang ini tidak perlu saya bahas lagi karena jangankan cuman pasang modulnya, bikin chargernya pun sudah jadi Most Popular posting di blog sederhana saya ini.. hehehehe

Pasang Lampu Tambahan & Kapasitor Bank

Klo ini tinggal sambung ke aki atau kunci kontak, klo sampai ke bengkel ya kebangetan… 😀

Ada satu lagi PR yakni nge-fullwave kelistrikan. Konsep sudah paham, bagaimana cara modif spul pun banyak tutorial di internet yang ternyata cukup mudah. Cuman belum sempat oprek soalnya pasti butuh waktu yang agak lama, paling tidak seharian. Sementara masih pending dulu karena kondisi sekarang masih mumpuni.

Kali ini saya coba mengulas beberapa aksesoris yang biasa dipasang di motor terutama yang berhubungan dengan kelistrikan. Untuk diketahui, selama ini soal pasang-pasang aksesoris model ginian, saya hampir selalu oprek sendiri alias tidak pernah andalkan bengkel buat ngerjainnya. Pernah sih dipasangkan di bengkel, cuman karena pemasangan terkesan seadanya, ya akhirnya bongkar lagi sendiri berbekal sedikit pengetahuan soal listrik dan elektronik dan tentunya referensi di internet. Alarm Alarm motor yang saya pake ini sudah kedua kalinya. Yang pertama sebenarnya masih berfungsi cuman sepertinya sudah error karena kadang ketika keadaan LOCK, dalam kondisi tertentu mesin bisa dinyalakan. Akhrinya diputuskan ganti dengan yang…

Review Overview

User Rating: 3.7 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

2 comments

  1. Aksesoris yang bisa di pasang kendaraan sekarang makin keren, nah kalau untuk charger USB itu nanti tegangan listrik nya stabil enggak ? soalnya pake AKI kan ?

     

    Jangan Lupa Kunjungi Contoh Plakat Kayu

Silahkan berkomentar