Home > Programming > Pemrograman Web > Apache Webserver (XAMPP) Error Setelah Upgrade Ke Windows 10
Apache Webserver (XAMPP) Error Setelah Upgrade Ke Windows 10

Apache Webserver (XAMPP) Error Setelah Upgrade Ke Windows 10

Upgrade Windows 10 telah mendarat, beberapa mesin (baca: komputer) sudah berhasil upgrade ke Windows 10 dengan sukses. Namun mungkin ada beberapa kendala yang ditemukan, salah satunya adalah service webserver Apache tidak berjalan. Dalam hal ini saya menggunakan XAMPP, di XAMPP control panel menunjukkan adanya error sbb:

Meski UAC telah dinonaktifkan, namun tetep saja error tersebut muncul. Setelah googling, akhirnya saya temukan permasalahannya. Port 80 yang digunakan oleh xampp ternyata bentrok dengan salah satu service yang diinstall bersama Windows 10 yakni World Wide Web Publishing Service. Service ini mungkin digunakan oleh IIS, dan karena saya tidak mengunakan IISmaka saya putuskan untuk Disabled aja.

wordwidewebpubserv

Caranya tinggal buka dari Services, cari service dengan nama World Wide Web Publishing Service, klik-kanan dan pilih Stop. Kemudian jalankan service Apache kembali dari Xampp Control Panel and voila… seharusnya sudah dapat berjalan dengan baik.

Mungkin tidak hanya Apache Webserver, tapi webserver yang lain juga mengalami hal yang sama, cara ini mungkin bisa dicoba. Selamat belajar… 😀

Upgrade Windows 10 telah mendarat, beberapa mesin (baca: komputer) sudah berhasil upgrade ke Windows 10 dengan sukses. Namun mungkin ada beberapa kendala yang ditemukan, salah satunya adalah service webserver Apache tidak berjalan. Dalam hal ini saya menggunakan XAMPP, di XAMPP control panel menunjukkan adanya error sbb: [crayon-59c85016cfa97095204592/] Meski UAC telah dinonaktifkan, namun tetep saja error tersebut muncul. Setelah googling, akhirnya saya temukan permasalahannya. Port 80 yang digunakan oleh xampp ternyata bentrok dengan salah satu service yang diinstall bersama Windows 10 yakni World Wide Web Publishing Service. Service ini mungkin digunakan oleh IIS, dan karena saya tidak mengunakan IISmaka saya putuskan…

Review Overview

User Rating: 4.75 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar