Home > Programming > Pemrograman C# > Berkenalan dengan Visual Studio LightSwitch

Berkenalan dengan Visual Studio LightSwitch

Apa itu LightSwitch ?

Dari situs Microsoft, diperoleh pengertian sebagai berikut:

Microsoft Visual Studio LightSwitch is a simplified self-service development tool that enables you to build business applications quickly and easily for the desktop and cloud.

Atau dalam bahasa Indonesia berarti sebuah development tool yang menyederhanakan dan mempermudah proses pembuatan aplikasi data-driven baik untuk desktop maupun web application. Untuk selengkapnya, kamu bisa melihat Visual Stdio LightSwitch 2011 Datasheet

So, mengapa menggunakan LightSwitch ? Apakah Visual Studio saja tidak cukup ?

Yang menarik disini adalah dalam LightSwitch, coding mungkin saja tidak diperlukan (atau bisa dibilang sangat minim sekali). Karena LightSiwitch ini menyerderahanakan berbagai proses development mulai dari desain tabel, user interface bahkan sampai tahap deployment. Namun yang perlu diingat adalah LightSwitch tidak dirancang untuk digunakan dalam kegiatan untuk mendevelop aplikasi-aplikasi yang kompleks. LightSwitch dirancang khusus untuk membuat aplikasi yang modelnya form/isian yang langsung dapat mengakses database. Mungkin beberapa diantara kamu akan membandingkan dengan NetBeans Platform dan Eclipse RCP, sepertinya kamu bakal kecewa (setidaknya untuk saat ini). LightSwitch tidak dirancang untuk model pemrograman (yang tadi saya bilang kompleks) seperti itu. Ada yang bilang bahwa dengan LightSwitch kamu dapat membuat program misalnya Akuntansi Sederhana, Data Penjualan Sederhana dengan lebih mudah, bahkan lebih mudah daripada Access. LightSwitch hadir dengan dukungan untuk 2 (dua) bahasa, yaitu C# dan VB.NET. Kalau kamu sudah mempunyai Visual Studio 2010 Professional atau Ultimate, LightSwitch akan menjadi project template di dalamnya, namun jika tidak tidak perlu khawatir, karena akan terinstall sebagai aplikasi terpisah.

Apa sih keuntungannya menggunakan LightSwitch ?

Beberapa keuntungan yang kita dapatkan antara lain:

  • Membangun aplikasi bisnis layaknya dibuat oleh seorang profesional;
  • Membangun aplikasi sederhana dengan baik dengan lebih cepat;
  • Menyederhanakan proses development sampai deployment;
  • Membangun aplikasi yang fleksibel terhadap perubahan;
  • Dapat menambahkan fitur yang user-friendly dengan cepat;
  • Dapat dengan mudah menambahkan fitur authentication yang kuat;
  • Membuat aplikasi custom sesuai dengan bisnis yang dijalankan;
  • Dapat di-custom menggunakan extensions;
  • LightSwitch 2011 merupakan pasangan dari Visual Studio;
  • Development dan mekanisme update yang cepat;

Untuk mendownload versi Trialnya kunjungi klik disini Untuk beberapa waktu ke depan, kita akan belajar bagaimana membuat program dengan LightSwitch ini, tunggu saja. Tentunya seperti biasa dengan cara yang mudah dan simpel.

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

One comment

  1. bener banget gan.. lightswitch memang aplikasi yang sangat mudah digunakan dengan hasil yang maksimal. apalagi jika penggunaan lightswitch dibarengi dengan penggunaan ASP.NET saya rasa itu kombinasi yang sempurna, seperti pada artikel yang saya baca disini.

Silahkan berkomentar