Home > Otomotif > Modifikasi Motor > Bikin Sendiri Kapasitor Bank Buat Motor
Bikin Sendiri Kapasitor Bank Buat Motor

Bikin Sendiri Kapasitor Bank Buat Motor

Kapasitor adalah salah satu komponen elektronik yang dapat menyimpan listrik dalam bentuk muatan. Kapasitor dapat berfungsi juga sebagai penstabil tegangan. Misalnya dapat kita temui pengaplikasiannya dalam Adaptor. Nah fungsi inilah yang bisa kita aplikasikan di motor. Tujuannya untuk menstabilkan arus listrik.

Sebelum saya pasang, yang paling sering saya temui di pio saya adalah:

  1. Kalau lampu sein nyala, trus dibarengi ngedim dan ditahan saklar dim-nya, pasti nyala lampu dim-nya ikut kedip (meski ga mati)
  2. Kalau pas stationer, tekan klakson suaranya aga sengau. Klo klakson dinyalain pas rpm agak tinggi, baru bunyi agak keras

2 hal itu saja yg sebenrnya ingin saya hilangkan/kurangi dengan kapasitor bank ini, tentunya karena udah ditambahai USB Charger dan Alarm maka dengan pasang kapasitor bank ini diharapkan beban aki jadi sedikit berkurang (karena arus lebih stabil) dan umurnya bisa lebih panjang.. Aamiin… Baca Bismillah dulu sebelum mulai pasang …

Saya coba menggunakan kapasitor elektrolit (ELCO) 10.000 uf (mikro farad) / 50v. Saya pake 2 biji dan disambung parallel. Kemudian disambung kabel dan di kabel positifnya saya kasih sekring 10A (sekring si pio 15A, pasang ini dulu soalnya kebetulan pas adanya ini, hehe.. ). Posisi pemasangan pada foto di atas sbnrnya ga pas, karena mentok body, akhirnya cuman ditaruh di bagasi aja… (makin sumpek bagasi mini nya )

Setelah dipasang efeknya suara klakson tetep merdu meski stationer. Lampu dim dan klakson pas nyala barengan masih kedip lampu dim-nya cuman ga terasa, klo ga diperhatiin seksama ga kelihatan kedipan lampu dim-nya.

PR kedepan:

  1. Ganti sekring jadi 15A, udah beli Rp3000 aja, blm sempat dipasang.. hehehe
  2. Tambahin kapsitornya 10.000 uf lagi.. karena prinsipnya setiap 1A memerlukan 2200 uf. Jadi klo kita ambil maksimal sesuai batas sekring jadinya 15 x 2200 = 33.000 uf kebutuhannya.

Lanjut Bagian 2 : http://khoirulimamudin.info/bikin-sendiri-kapasitor-bank-buat-motor-part-2

Kapasitor adalah salah satu komponen elektronik yang dapat menyimpan listrik dalam bentuk muatan. Kapasitor dapat berfungsi juga sebagai penstabil tegangan. Misalnya dapat kita temui pengaplikasiannya dalam Adaptor. Nah fungsi inilah yang bisa kita aplikasikan di motor. Tujuannya untuk menstabilkan arus listrik. Sebelum saya pasang, yang paling sering saya temui di pio saya adalah: Kalau lampu sein nyala, trus dibarengi ngedim dan ditahan saklar dim-nya, pasti nyala lampu dim-nya ikut kedip (meski ga mati) Kalau pas stationer, tekan klakson suaranya aga sengau. Klo klakson dinyalain pas rpm agak tinggi, baru bunyi agak keras 2 hal itu saja yg sebenrnya ingin saya…

Review Overview

User Rating: 2.78 ( 12 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

99 comments

  1. Numpang Mampir om.mau tanya klau pake elco 6800farad 50v blh gak di motor Vega R mohon di balas….makasih banyak sebelum nya untuk jawaban nya Om.

  2. Kang..mau tanya apakah sebelum pasang harus di cas dulu elco nya??klo benar di cas, harus diisi full atau setengahnya saja…trims…

  3. saya mau tanya dong kang, saya pasang elco di motor saya tapi ko elconya malah panas banget ya?? emang kaya gitu atau ada yg salah pasang..
    minta solusinya trmks

  4. Numpang tanya mas. . Kalau Jupiter MX 135 CC dipasang elco bisa ga? Terus kali bisa berapa farad yang paling cocok?

  5. Gan mo nanya gan klo elco merk oranda 10000 mfd bisa d pake g gan mohon infonya

    • saya tidak menyarankan merk Oranda, coba merk Rubycon. Menurut beberapa rekan, elco oranda kualitasnya jelek, isi dalemnya lebih banyak aspal-nya daripada inti elektrolitnya, tp mungkin bisa jadi ketemu yg palsu atau memang aslinya spt itu saya sendiri kurang tahu.

  6. apakah jika kapasitas elconya ditambah yg seharusnya 2200uf/25v menjadi 40.000uf/50v tegangan akan makin stabil atau sama saja dengan menggunakan 1 kapasitor 10.000uf/50v untuk motor all new soul GT 125 Blue core tegangan akinya 12v/5Ah

  7. Mas klo mau pasang di motor yg arus AC itu pakai kapasitor AC atau DC

    • karena dipasang di aki, pastinya pakai DC. Kalau motor yg arus AC, arus AC itu untuk arus lampunya saja, mengambil dari spull langsung. Sedangkan arus yang menuju aki (dari kiprok) dan keluar dari aki, pasti DC.

  8. elco itu bisa buat arus dc dan jg ac kan mas

  9. Assalamualaikum Bos..motor saya tiger masih pakai
    aki standar 12V/7A trus saya mau ganti pakai
    yang 12V/10A..mohon sarannya..!!

  10. Om motor saya Pulsar p200 klistrikannya ac tapi sudah di ubah klistrikannya pakai Pulsar 180ug 4 full ( kabel body, spul, kiprok, cdi ). Yg saya tanyakan saya pakai lampu dpn 35 w x2 buah sudah dipasang relay, klakson pakai relay dan saya ganti aki saya pakai 12v/12a ( standarnya 12v/9a ). Setiap pagi klau cuaca dingin aki saya suka drop ya tapi klau cuaca dingin dan hujan aja itupun juga kadang aja suka drop akinya, klu seandainya saya pasang kapasitor itu bisa mengatasi permasalahan saya di aki gak ya… soalnya sudah ganti aki tiga kali di cek tmpt aki katanya normal akinya gak ada masalah. Mohon pencerahannya Om.

    • klo drop, coba cek akinya masih sehat atau tidak. aki yg sehat (mis 12v/9a) dia mampu deliver 9A per jam. klo sudah soak, mungkin kurang dari itu. klo masalah pengisian, coba cek berapa arus pengisiannya (pantengin mesin di RPM 5000 dgn kondisi beban semua off), klo arus pengisian lebih besar dari total beban, ya aki ga kebagian.

  11. Mas kalow misalya paasang 2 elko tapi di seri + ke + aki – ke – aki n yang tengah ke bodi sebagai groune gimana mas bisa nggak

    • kalau di-seri, yg meningkat kemampuan volt nya.. jadi semisal 2 buah 10.000uf/25v , maka seperti 1 buah kapasitor 10.000uf/50v. jadi percuma saja. kalau dipasang paralel, jadinya 20.000uf/25v (dan ini yg diharapkan)

  12. Mas broo mau taya nie ane , punya motor satria fu 150 th 2013, kelistikan tadi ya ac nah skrang sudah di rubah ke Dc ( pakai 1 relay 12 v ) karna saya pakai led untuk lampu dekat, lampu jauh , sein , rem mengunakan bohlam standar pabrik , aki motor 12 volt motto batt.

    pertanyaan

    1. klo mengunakan 2 lampu depan led & standar itu hidup aki langsung drop, ga kuat stater , klakson tidak bisa suara keras ?

    2. apakah bisa mengunakan kapasitor bank untuk mengatasi masalah pertanyaan no 1 , klo bisa berapa elco yang harus saya gunakan ?

    mohon pencerahannya.

  13. Mas jika vapbank + di aki + dan yg – di baut bukan di – akinya.. apa msh bsa di motor vixi

  14. Mas mau tanya jika capbanknya yg + di aki yg – di baut body apa masih bisa?

  15. gan.ane mau nanya klo buat cs1 kelistrikan halfwave trus masih standaran pabrik..tp aki nggak kuat klo mau di starter dan lampunya juga pada nggak kuat klo direm.. gimana caranya agar kuat di starter.? dan pakai kapasitor yang berapa.? dan aki tetap aman dan tahan lama.!!

  16. bang brow, boleh minta saran. saya punya new vixion mau pakai elko yg sudah disebutkan itu dan part sudah ready, cuma saya masih ragu apa bisa dengan 4 elko dengan aki vixi saya punya yang lebih kecil dari sipio? makanya blom dipasang tapi sudah ditest bentaran dan blom ada reaksinya. yang jadi pertanyaannya apakah semakin besar atau 4 elko itu dipakai di vixi semakin stabil dan cocok jadinya? atau… harus dikurangi elkonya menjadi 1 atau 2aj cukup begitu bang brow. pemakaian aki saya mendekati 2 tahun alhamdulillah masih tokcer. dan apakah bisa juga dengan menggunakan kondenser yg milik vixi lama? tapi budget lumayan gede. kalo pun ada budged apakah cocok gitu? kalo dari kelistrikannya aj juga beda. mohon pencerahannya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • harusnya tidak masalah, karena elco (kapasitor) disni dipake untuk penstabil tegangan aja. Makin besar makin baik, misal pake punya audio mobil yg 1,5 Farad yg sebesar gelas itu, cuman masalah tempat aja klo di motor, karena kan besar fisiknya.

  17. bagus dian rohmana

    mas tadi nyoba di motor megapro punya temen(DC) saya tambahin 2 elco 10ribu uf/50v buat ngangkat klakson sama lampu 55/60 watt kok seperti tidak ada pengaruh ya??

  18. bagus dian rohmana

    mas mau tanya kan motor saya gl max.. saya tidak pakai aki dan pas saya gunakan pass beam lampu(hi low barengan) pasti ga kuat langsung redup nah cara mengatasinya pakai kapasitor apa bisa?? terus masang nya gmna??  terimakasih

    • sejauh yang saya tahu tidak bisa, kapasitor bukan pengganti aki. ketika tidak ada aki, arus akan mengambil arus langsung dari spull dan beresiko membuat spull terbakar karena arus yang diambil lebih besar dari arus yang dikeluarkan oleh spull tsb, sebaiknya pasang aki saja.
      untuk referensi kalau menghitung kapasitor bila digunakan setara dengan aki, silahkan lihat beberapa komentar di atas.

  19. Pak, untuk beban hid di motor ,aki 5Ah 12V

    misalnya saya pakai Caps bank yg 3 farad dengan input 12vdc

    Kira2 cocok gak? mkasih

    • cocok cocok aja, karena fungsi capasitor disini kan hanya sebagai battery bank dan penstabil tegangan dan juga bisa berfungsi juga untuk meredam lonjakan arus yang diambil secara tiba-tiba (mis, Klakson, HID dll) kemabli lagi ke aki, klo beban total melebihi kapasitas aki, ya aki ga kebagian arus. Kapasitor bank bukan pengganti aki. Klo akinya 5Ah alias 60W, ya beban total jangan sampai lebih dari itu. lebih aman lagi, beban total usahakan maksimal 80% dr kapasitas aki, karena aki yg sudah berumut 1 tahun lebih, kemungkinan kapasitasnya sudah diangka 80% atau bahkan kurang.

  20. Pak aki kan 10A ,nah ni recana mw pasang lampu h4 100/90 watt,acc lain nya jg ad ,,,trus maw tnya q harus pasang elco yg ukuran nya berapa? Biar aki saya tetep normal,,,mohon pencerahan ,sebelum nya makasih pak,,

  21. mas qt mau tnya neh.mtor qt karisma 125 pngn psg kapasitor biar aki ga cpt soak.bgusy elco yg ukuran brp dn bhn lainya ap aja ?trs cra ngrakitya gmn?mf qt org awam .mksh

  22. ijin simak, maaf saya mempunyai vario 110 lama (belum injeksi)

    spesifikasi sekarang :

    tanpa tambahan apapun hanya lampu hazart dan lampu kedip2 touring.

    kelemahan yang terjadi :

    saat rpm rendah dan pegang rem maka klakson bunyinya kecil.
    terkadang lampu kedip touring jika rpm rendah jalannya hanya separuh (kadang mati walaupun relay berbunyi)
    kadang lampu hazart mati apabila di lampu merah dengan menekan rem.

    keinginan :

    memasang charger USB dari rangkaian buatan sendiri (tambahan)
    memasang audio 20watt rangkaian sendiri dengan speaker 4″ bekas speaker samping politron caset.
    menambahkan lampu led kolom (rencana buat sendiri)

    pertanyaan :

    skema/power bank diatas apakah bisa digunakan ?
    apakah ada yang lainnya untuk kebutuhan diatas ? (part atau komponen lainnya)
    jika dipasang 2 aki (bagaimanakan cara pasang 2 aki yang baik dan tidak merusak aki asli/bawaan motor) ?

    terima kasih dan salam kenal

    nurany

    ynnrny@gmail.com

     

    • Pertama, kita cek dulu spesifikasi dasarnya
      1. Aki standard klo ga salah sekitar 5Ah = 60 Watt
      2. Kelistrikan AC
      3. Lampu Sein standard @10 Watt x 4 = 40 Watt
      4. Lampu Depan : @18W x 2 = 36 Watt
      5. Lampu Belakang : 21W/5W

      Case dari sampeyan, coba kita hitung:
      Lampu hazard (sein) dimana 4 lampu nyala, klo dia lampu pijar standard yg per @10 Watt, meski cuman kedip2 tapi menyedot daya yg besar, total bisa 40 Watt, atau 3 Ampere lebih.

      Ditambah lampu rem yg lampu kota+rem nya nyala = 21W+5W = 26 watt
      Tambah lampu depan 36Watt

      Total: 40 + 26 + 36 = 102 Watt alias 8.5 Ampere.
      Solusi:
      1. Biar irit listrk, semua lampu ganti ke LED @10w, jadi total cuman 20 Watt aja
      2. Lampu sein ganti ke led jagung juga, total cuman @1 Watt x 4, cuman 4 Watt.
      3. Lampu belakang ganti ke led juga, total cuman 2 Watt.
      Total ketiganya cuman 20 + 4 + 2 = 26 Watt, sisanya kan masih banyak, buat audio juga oke, asalkan tidak melebihi kapasitas aki.
      4. Kapsitor hanya untuk penstabil tegangan, jadi ketika lampu nyala, dan klakson dinyalakan, tidak berkedip atau kurang daya. Tapi bukan menambah daya.
      5. Rubah arus kelistrikan menjadi DC agar daya pngisian ke Aki lebih besar.
      6. Charger sebaiknya pakai yang sudah jadi dan stabil. Klo rangkaian yg saya bikin di artikel bisa dipakai, cuman banyak kelemahannya.
      7. Kalau mau pasang aki tambahan, pastikan dulu arus pengisian juga besar agar mencukupi untuk mengisi 2 aki, salah satunya dengan merubah arus ke DC. Pemasangan aki tinggal di paralel aja, hingga arusnya yg tadi cuman 12V/5Ah, karena ada 2 aki, maka jadi 12V/10Ah. jangan diseri, coz nanti dia akan jadi 24Volt dengan arus tetep 5Ah, ambyar kelistrkan sampeya hehehe.

  23. kalo saya pasng di honda tiger, aki sudah saya ganti pake 12v 9Ah .

    kira kira pake kapsitor yang brp Mikro farad ..?

    Mohon pencerahannya OM

  24. Permisi om admin,  motor saya mio soul.,  pake aki standard.  Itu kalo pke 2 keong dngn relay suaranya cuma cetuk2, ane baca artikel ini. Pertanyaannya,  apabila saya pasang elco 22000uF 50 V,  apakah berhasil 2 keong bisa nyala :),  saran juga bisa bang,  makasiih
    salam seduluran 🙂

    • aki standard mio klo masih normal cuman 5A, klo sudah soak, mungkin kurang dari itu. kapasitor hanya untuk penstabil arus yng diambil oleh beban ke aki, tidak menambah ampere. misal arus klakson keong 2 buah total 3A, yg mungkin ga kuat klo pas bareng lampu depan dll.

  25. Artikel yang bagus sekali sobat,
    kebetulan saya lagi mencari tau tentang hal ini,
    dan sebagai pembanding yang ingin saya tanyakan,
    http://tony22electra.blogspot.com/2011/03/memperpanjang-usia-aki-sepeda-motor.html

    disitu dituliskan dia memakai 2 ELCO, namun memakai skring 5A,
    apakah itu bisa berguna? efek yang dihasilkan bagaimana?
    rencana saya akan memasang di motor R15 saya,
    Saya ingin memastikan semua kondisi aman,
    dan satu lagi, disitu memakai kapasitor 100mf sedangkan punya sobat tidak,
    Mengapa? apakah memang tidak penting?

    Terima kasih sebelumnya,
    Salam

    • Tidak masalah, di artikel di link tersebut, kapasitor menggunakan 2 buah 10.000uf dan 1 buah 100uf. Kapasitor yang kecil ini dipake buat meredam riak-riak kecil dan tajam dari arus pengisian, jadi kinerja kapasitor bank ini jadi lebih baik.
      Dapat juga membuat kapasitor bank ini menggunakan kapasitor yang lebih kecil dengan jumlahnya lebih banyak, semisal pakai 10 buah kapasitor @3.300uf, sehingga didapatkan 33.000uf.
      Sekring dipakai untuk pengaman, semisal di rangkaian ada konslet, atau kapasitor bocor/meledak, maka sekring akan putus dan arus berhenti.

      • Untuk pemakaian tersebut, seberapa pengaruh nilai volt, mengingat dipasaran ada 50, 80, 100 V??
        Tadi disebutkan memakai 10 buah, itu secara seri atau paralel hitungannya?
        Hitungan pemakaian sekring sendiri, kalau menggunakan 2 Elco 10000 uf / 100v harus brapa A?
        Bawaan R15 sekring nya 20A.

        • Semakin tinggi volt nya, maka fisik kapasitor semakin besar, tegangan dari aki dan kiprok, biasanya maksimal cuman 14,8V tapi dalam keadaan tertentu bisa mencapai 15volt apalagi klo pake kiprok third party yg mungkin limitasi bisa sampai 17 volt. Untuk itu pakai aja kapasitor dengan tegangan 25 Volt, itu sudah cukup. Kalau tegangan kapasitor lebih kecil dari arus yang diterima, kapasitor bisa meledak. Paling aman mungkin 50 volt, karena ketika kiprok rusak, tegangan dari spull bisa sampai lebih dari 35 volt. Pake 100 v juga ga masalah, cuman sia-sia aja, lagian bentuknya juga segede gelas gitu.
          untuk sekring, samakan aja dengan sekring bawaaan motor. Sekring ini ga wajib kok, hanya buat jaga-jaga.

  26. Boss,, motor ku pakai Aki 10A/12v, dg pengapian DC,,
    Kira” bisa tdk kalo lgsg apli dg cara di atas??
    Apa resiko ( & – ) nya ??
    Dan pemasangannya apakah dr [kiprok-booster- aki], atau [booster-aki] saja??
    Mohon pencerahannya..
    Trima kasih sebelumnya.

  27. Tanpa AKI Bisa Tidak, Karna AKI soak ,

    Aki 12 V / 5 Ampere kebutuhan kapasitornya berapa?.

    • bisa, cuman kiprok & spull nanti tidak akan tahan lama alias lama-lama kebakar.
      kalau mau ganti aki pake kapasitor, ini hitungannya klo anda mau memaksakan 😀
      ———–
      Aki dengan spesifikasi 12V/5A berarti aki dapat memproduksi 5 Ampere dalam 1 jam dengan tegangan 12 Volt.
      Untuk menyimpan energi ini semuanya ke kapasitor, maka rumusnya sbb:
      F = (A*s)/V dimana
      F= Kapasitansi (F)
      A = Ampere
      s = seconds (1 jam = 3.600 detik)
      V = tegangan (volt)
      Maka : F = (5 * 3600) / 12
      F = 18.000 / 12
      F = 1.500 Farad

      Yakin mau bikin kapasitor 1.500 Farad ? 1 Farad = 1.000.000uf (mikrofarad)
      Anggep aja kita pake kapasitor 10.000uf / 25V, maka diperlukan
      1.500 F = 1.500.000.000uf
      maka diperlukan kapasitor : 150.000 buah kapasitor untuk setara dengan sebuah aki 12v/5Ah

  28. bisa bantu mas,

    Vega zr Sen kedip2cepet ,klakson Lemah stater mati ,

    Aki soak , akhirnya lepas kabel aki ,

    nah supaya semuanya Kuat lagi,

    apabisa Hanya ELCO saja tanpa AKI soak , tegangan aki 12v/5Ah

    mohon bantuanya terima kasih.

    • ya ndak bisa klo cuman dengan elco, karena elco fungsinya hanya penstabil arus. memang elco bisa menyimpan arus, tapi ga sebanyak aki, atau malah kalau pake lampu utama 35 watt, paling kedip aja bentar.
      klo aki soak, ganti aki-nya dgn yg baru. klo aki basah, bisa dikuran akinya pake air panas, trus kasih air zuur yg baru, trus charge hingga 7 jam. klo perlu dikalibrasi ulang. klo aki-nya MF ya mau ga mau mesti ganti, coz ga bisa diperbaiki. klo aki basah kadang masih bisa meski ga bisa 100%. aki dianggap soak klo kapasitasnya di bawah 40%, klo dikuras dan ditambah lagi kalibrasi, paling tidak bisa balik kondisinya ke 60%-60%, lumayan sebelum beli aki baru.

  29. missi om mau ngajuin beberapa pertanyaan.
    motor saya pio 2005 sudah fullwafe lampu 35w depan, +  klakson mobil kok ngedip ya pas on barengan,?

    saya pasang kapasitor 10.000mf(2buah paralel) 80v malah makin ngedip om, saya test kapasitor normal,tp kaya makin redup gitu om, mohon pencerahannya om.

    • untuk klakson mobil, biasanya memerlukan relay. Dimana nantinya, arus yg dr saklar, itu untuk menyalakan relay, dan ketika relay nyala, maka arus mengalir dari aki ke klakson. atau mungkin kabel yg digunakan terlalu kecil, coba ganti yg lebih besar.
      kapasitor nya pake yng 25V aja sebenernya cukup, biar lebih kecil n ringkas. klo 80v, meski ga papa, tapi fisik terlalu besar. lagian kelistrikan normal, ga akan lebih dari 15v.

      • sebelumnya minal aidin om.. hihi
        udah pake relay om buat klaksonnya, tp masih kedip parah om..
        padahal saya ga pake aksesoris lainnya..
        tp pengaruh ga om sama aki agak soak,?
        tp kan seharusnya ga masalah ya om kl aki soak, karna ada kapasitor yg buat minimalisir arus kejut pada beban. koreksi ya om kl salah, lg belajar+praktek saya. hhihi

        • tentunya berpengaruh, aki normal 7,2Ah berarti mampu mendeliver arus sebesar 7,2Ah per jam nya, meski dalam kenyataannya, efisiensi mungkin hanya 70-80% saja. jadi ga full 100%. ketika aki soak, misal dah berumur lebih dari 2-3 tahun, mungkin hanya mampu mendeliver 4-5 ampere aja, atau bahkan mungkin kurang.
          cara nge-cek nya secara mudah, lepas aki, siapin bohlam lampu depan (35W). Lampu 35W setara dengan arus 2,5A-3A. Dan coba hubungkan ke aki dan diukur pake ampermeter, klo masih sukses menunjukkan hampir 3A, berarti aki minimal masih bisa mendeliver 3A. Trus pasang 1 buah lagi, sehingga total lampu ada 2 (2 x 35W), dan ukur lagi. klo masih dapet 5A, berarti masih bagus. tapi klo kurang dari 4A, berarti aki dah ga mampu lebih dari itu.
          hubungan dengan ngedip ya seperti itu.. arus dari aki dah ga kuat mensuplly semua beban barengan. tapi klo untuk electric starter masih kuat, aki masih cukup baik. klo punya charger aki sendiri, coba dikalibrasi aja akinya (sebelum beli aki baru).

  30. mas mau tanya   kalo untuk vixion bisa gak yah… kira kira pas nya pake kapasitor yang ukuran berapa dan berapa banyak… untuk beban nya :

    – klakson pulsar 2 ampere x 2

    – lampu utama  35/35

    – sein 10 watt x 2  + sein led x2

    – flasher hazard

    – led 5 watt

    – volt meter

     

     

    makasih mas..  mohon pencerahannya

  31. mas mau nanya kalau ane pake capasitor yg 100rb mikro farad sikring yang dipake brp ampere ya?
    Motor saya tiger revo…
    soalnya motor saya banyak aksesoris lenong

    • sebenarnya tanpa fuse juga ga masalah, fuse untuk jaga-jaga kalau kapasitor bank nya konslet atau rusak maka fuse akan putus dan arus akan berhenti mengalir. kalau mau pake fuse, sesuaikan sama beban dan kapasitas aki aja. 10A udah lebih dari cukup, karena beban seharusnya ga lebih dari 10A.

  32. om sekringku 10A tapi klakson sein sering eror,trus sekring dilepas disambung kabel langsung jos lagi.pertanyaanya yg aman pakai sekring berapa Ampere om? 15A atau 20A

    • coba pakai sekering yang lebih bagus, beli yg harganya 3 ribuan dah lumayan bagus, klo yg jelek yang harganya 500-an rupiah. sebelum ganti sekering ke yang lebih besar, cek dulu ampere-nya. kalau klakson, biasanya cuman kisaran 2-3 ampere, jadi pake 5A aja dah cukup. tapi klo sering putus, coba cek kabel2 dan sambungan, mungkin ada yg konslet

  33. Om
    saya uda pernah nyoba di thunder saya, elco 10000mf50v cm 1 biji doank, kutub postif ke positif aki dn negatif ke negatif aki tpi kok gak ad bedanya alias gak berfungsi. Pdhl klu elco uda di alirkn arus pasti ad nempel tu arus di elco dn cara mengetahuinya dlaga kutub bisa meledak bahkn tpi ini tidak om, kyk kosong gt.
    mohon pencerahannya om
    trima ksh

    • cara ngeceknya, setelah kapasitor disambungin ke aki beberapa saat, coba dilepas, trus di sentuhkan kutub positif kapasitor ke kutub negatif kapasitor. klo ada percikan api, berarti arus masuk dan berfungsi normal. atau bisa juga di test pake multimeter. soal efeknyanya, klo biasanya lampu agak berkedip ketika nyalain klakson kapal, dengan pake kapasitor, tidak ngedip lagi atau ngedip tapi sedikti sekali. karna fungsi kapasitor disini sebagai penstabil arus juga.

  34. om, boleh minta rangkaiannya? oiya, awalnya kapasitor kan kosong tuh, cara ngisinya pake apa? kalo langsung di pasang ke aki pas kosong gitu apa ga bikin aki tekor?

    • langsung sambungkan ke aki saja, tidak akan bikin aki tekor, karena kapasitas kapasitor cuman kecil dibanding dengan aki. bisa juga ditambahkan relay seperti di beberapa komentar di atas, gunanya sebagai switch agara kasitor hanya aktif ketika kunci kontak aktif.

  35. saya juga pasang kapasitor bank udh 5 tahun di motor suprafit jadul. ya aki basah saya jadi awet dr thn 2010 – 2015 ttp prima syarat di rawat juga air dan oksidasi yg nmpel di katub – nya.
    klo yg prnah saya plajari kapasitor utk bank lbih besar faradnya lbih baik.
    krna utk lonjakan pmakaian arus juga akn stabil.
    klo utk komponen yg bnyak rangkaian kaya ad rsistor transistor utk 1 amper emg bgusnya yg kpake 2200 uf.
    tp klo utk di jadikan bank semakin tinggi uf / farad nya lbih baik om.
    dmotor saya ksih dr dlu terpararel dgn aki itu ampe 50.000uf. pinginya sih ratain kaya aki dan sesuai rumusnya bahwa 1 amper itu = 1 farad / detik jd hrus 1000.000 uf :3 wow..
    klo aki 5 amper itu cocoknya pake kapasitor 5 farad gan tp smakin tinggi farad smakin ajib :3.
    dan utk aki ini pke yg elco / ad tanda – nya ya gan tkut ad yg slah beli lagi :).
    satu lagi gan ga perlu pake sekring sih asalkan katub – pd kapasitor tdk bertabakan.
    saya aja a pke sikring tp klo mw pke biar aman bingit pke yg 10 – 12 amper.
    oya di cek juga tiap prjalanan jauh / 1 tahun skali di cek badan kapasitornya.
    krna gak berbeda dr kapasitor yg lain.
    ad umur juga gan ciri hrus dganti klo badanua ad yg mlendung / bhkan pecah.
    oya gan utk mtr agan yg klebihan pmakaian daya gr2 pasang acc yg makan watt total lbih bsar dr aki.
    cara nya ya double aki / upgrade ke amper yg lbih tinggi. dgn syarat ganti sepul & kiprok agan yg lbih tinggi jg.
    klo andelin kapasitor doank mana bisa gan 😀
    kcuali agan pke super kapasitor yg udh ampe 10 farad wow.
    tp klo agan mw nmbah amper aki tnpa ganti kiprok & sepul caranya biar aki agan awet.
    agan ngendarain mtr aj dgn kcepatan stngah gas udh cukup slama 2 – 2.5 jam dgn syrat tnpa nyalain acc / lmpu agan 🙂
    ini hnya sran aj gan.
    klo ad yg beda pendapat maaf ya gan.
    saya cuma pnggemar elektro.
    cmiw 😀

  36. mas sbelumnya mkasih infonya,
    sy mau tnya mas mtor sy byson sy ksih lmpu 60wat truz wktu lampu sein sy nyalakan lmpu kplanya normal tp klau hazard sy nyalakan lmpu kplanya ikut kdip” trus akinya jg sering tekor, ,
    sbaiknya pke elco yg ukuranya brpa y mas, ,

    • Kalau pake headlamp dengan watt besar, pastikan lampu2 lain semisal Sein, Lampu belakang, diganti dengan LED agar lebih irit. Lampu belakang standard ukurannya 21 watt, ganti dengan led yg dayanya cuman 2-3 watt aja. Sisa watt nya kan bisa dipake buat nambah watt lampu depan. Juga untuk sein, yg biasanya lebih dari 5 watt. apalagi aki byson klo ga salah cuman 3A dimana daya maksimal nya cuman 36 watt. jadi kalao bebannya lebih dari itu, maka aki ga akan kebagian arus buat nge charge, akibatnya aki cepet soak. jika aki soak, maka daya akan lebih banyak mengambil dari spull, akhirnya klo ga kuat, spull ikut terbakar. (saya mengalami spull terbakar gara2 aki soak bulan lalu). solusi mungkin mengganti denagn aki yg Ah nya lebih besar, tapi biasanya, kalau aki nya 3Ah, maka setting di kiprok, daya penghisian juga tidak jauh dari itu. jadi mesti upgrade kiprok dan mungkin juga spull nya sekalian. CMIIW

  37. budi cahpordjo tuleen

    Klo kapasitor pake 10000uf/50v…trus skring d kasih 25A,,bisa gak om…..

  38. mo nanya Mas Imam sy brusan psang HID 35watt utk Yupiter z,klo buat kpasitor bank sendiri hrus beli yg voltase dan brp mikro yaa….
    ada rencana mo psang HID yg sbelah lg jd utk head lamp skg hnya trpasang 1 HID sj mhon utk dibantu thanks sblumnya,,,,,,

    • klo pasang HID, ubah dulu kelistrikan jadi Fullwave biar aki nya ga tekor. habis itu, pake kapasitor fungsinya cuman penstabil aja. hitung dari arus yang digunakan, setiap 1A biasanya patokannya 2200uf. untuk voltase, biar aman pake 50v sekalian

  39. Mau nanya om,klo dipasangin 4 bji elco 50v/10.000uf pengaruhnya apa ya om?mtorq verza pke lmpu h4 55/60 watt.mhon masukannya om…

  40. om mau nanya, keunggulan jika kapasitornya dipasang seri dibanding paralel apa ya? trus, rangkaian kapasitor seri dan paralel, gmbrnya spt apa?

    • kapasitor dipasang seri, Volt nya yg bertambah. klo pararel, fardnya yg bertambah.
      misal: 2 kapasitor masing2 1000uf/50V

      klo dipasang seri hasilnya = 1000uf/100v
      klo dipasang pararel hasilnya = 2000uf/50v

  41. Kl pke relay tegangan di kapasitor kepakai kl saat kontak on saja,,,

  42. oh, sudah terjawab disini fungsi kapasitor di motor. 😀

  43. Nyimak aja deh..
    Sekalian belajar

  44. Tambahan lagi, kalo ndak pake sekring ndak apa-apa ya? Apa ada resikonya?

    • sebaiknya pake, karena kalau ada masalah di kapasitornya, misalkan bocor, terbakar, atau konslet karna suatu hal.. kelistrikan tetep aman, karena sekring akan memutuskan arus. serem kalau misalnya kapasitor terbakar, bisa mledug ntar sama motornya…

  45. Mas, mau nanya, itu bentuk sekringnya yang bulet atau gepeng? Trus, pasangnya yang di kutub negatif atau positifnya? Berarti disolder donk sekringnya. Berapa ampere?

  46. pemasangan skering keluaran dapet apA om ?

  47. perlu dipakein relay ga om masangnya?

    • satu lagi, penghitungan jumlah kapasitor ikut ampere aki ato sekring om?

      • mengikut aki aja gpp. jadi kebutuhan aki (7.5Ah) memerlukan 16500uf. tapi kenapa saya mengikut sekring, karena mungkin saja beban waktu motor nyala, mungkin ada lampu-lampu, klakson dan lain lain mungkin bisa lebih dari 7.5Ah, maka saya maksimalkan kebutuhan kapasitor nya sesuai sekring. karena ga mungkin kebutuhan listrik motor pasa nyala akan melebihi nilai sekring ini (klo lebih, pasti sekring putus).

    • kok pake relay ? fungsi relay adalah saklar elektronik, jadi ga diperlukan disini. Tinggal kutub positif kapasitor disambungkan ke kutub positif aki. begitu juga kutub negatif kapasitor dihubungkan ke kutub negatif aki. kebanyakan ada yg salah mengartikan relay, padahal relay itu adalah semacam saklar. jadi ketika ada arus ( kaki 85-85 mendapat arus), maka saklar akan ON ( kaki 30-87 menyambung). dan ketika tidak ada arus, saklar OFF (kaki 30-87 putus)

Silahkan berkomentar