Home > Otomotif > Modifikasi Motor > Bikin Sendiri Kapasitor Bank Buat Motor Part 2

Bikin Sendiri Kapasitor Bank Buat Motor Part 2

Di tulisan saya beberapa waktu yang lalu Bikin Sendiri Kapasitor Bank Buat Motor, dimana saya bikin hanya menggunakan 2 (dua) buah kapasitor elektrolit  (elco) 10.000µf/50V. Kali ini saya bikin 2 kali lipat yakni menggunakan 4 buah elco 10.000µf/50V. Iseng-iseng bikin lagi karena kapasitor yang lama ada baret-baret. Mungkin karena goncangan dan bergesekan dengan body/frame motor, karena saya taruh di dalam jok dan posisinya memang tidak fixed.

membuat kapasitor bank sendiri

Kapasitor bank lama yang baret dan sudah ya preteli kabel-kabelnya

Ketemu baret pas waktu cek aki kemarin, daripada terjadi hal yang tidak diinginkan dan berakibat fatal (mis: kapasitor bocor / meledak), maka sekalian diganti dengan merangkai kapasitor yang baru. Saya kira 4 biji aja cukup, toh sebenarnya hanya buat meredam kejut waktu bunyiin klakson keong, waktu starter motor, dan juga penstabil arus pengisian ke aki.

membuat kapasitor bank sendiri

Menggunakan 4 biji Elco dengan ukuran 10.000uf/50V

Empat biji elco disambung secara pararel dengan seutas kabel tembaga. Kabel tembaga ini saya pakai dari kabel listrik standard. Warna biru untuk jalur (+) dan warna hitam untuk jalur (-). Bagian kabel yang saya kupas hanya pada bagian yang menempel pada kutub-kutup kapasitor, kemudian di solder.

membuat kapasitor bank sendiri

Dirangkai pararel

Tidak lupa di jalur positif menuju aki, ditambahkan sekring. Dan kabel yang menuju ke aki menggunakan kabel yang lebih tebal. Kemudian untuk pemasangan tinggal dipasang langsung kutub (+) kapasitor ke kutub (+) aki dan begitu juga untuk kutub (-) nya. Posisi masih saya taruh di bawah jok. Ngepress banget mas bro, tapi karena ngepress ini semoga ngga goncang.

membuat kapasitor bank sendiri

Hasil akhir, ditambah fuse/sekring untuk pengaman

Waktu masang, kebetulan kabel besar yang buat jalur ke aki, stok warna hitam ternyata habis (lupa ga beli sekalian, kirain stok masih ada 😀 ), tinggal warna merah dan teal. Ya wis, daripada beli kabel lagi, pake aja kabel merah nya untuk jalur (+) dan warna teal nya buat jalur (-).

membuat kapasitor bank sendiri

Posisi pemasangan di bawah jok

Posisi pemasangan di bawah jok, dan praktis bagasi imut ini akhirnya cuman bisa muat kapasitor bank ini aja. Kalau jok dipasang, jadinya pas banget. Kapasitor bank jadi gak begitu goncang-goncang posisinya tapi juga tidak tergencet oleh jok.

rangkaian kapasitor bank sederhana

Rangkaian Kapasitor Bank, total 40.000µf

Monggo buat mas bro dan mbak sis sekalian yang mau bikin sendiri kapasitor bank buat motornya, bisa dicoba ala saya seperti gambar di atas. Mungkin mas bro dan mbak sis malah bisa membuatnya lebih dan sedap dipandang, atau malah bisa dikomersilkan.  😀

Di tulisan saya beberapa waktu yang lalu "Bikin Sendiri Kapasitor Bank Buat Motor", dimana saya bikin hanya menggunakan 2 (dua) buah kapasitor elektrolit  (elco) 10.000µf/50V. Kali ini saya bikin 2 kali lipat yakni menggunakan 4 buah elco 10.000µf/50V. Iseng-iseng bikin lagi karena kapasitor yang lama ada baret-baret. Mungkin karena goncangan dan bergesekan dengan body/frame motor, karena saya taruh di dalam jok dan posisinya memang tidak fixed. Ketemu baret pas waktu cek aki kemarin, daripada terjadi hal yang tidak diinginkan dan berakibat fatal (mis: kapasitor bocor /…

Review Overview

User Rating: 4.5 ( 4 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

34 comments

  1. itu ga da protectornya ya? setahuku kalo bikin cap bank gitu ada rangkaian protectornya, dan capasitor yg digunakan jenis Super Capasitor

  2. Saya pernah buat om tp dngn 2 buah capaaitor bank,selang waktu beberapa lama salah satu capasitor ada yg jebol seperti meledak,apa yg salah om? Apa kualitas capazitor yg jelek dgn harga 20rbuan. Atau kesalahan pembuatan tnpa ada komponen lain. Saya buat di w motor yg berbeda hasilnya pun sama,salah 1 capasitor meledak/gembung/bocor.
    Mohon pencerahannya,terima kasih

  3. ukuran untuk masing-masing motor apa sama kapasitornya????

  4. Maaf mau tanya saya masih pemula, ttg capasitor, saya mau bikin capasitor bank buat motor saya supra… Agar bisa mendukung dalam kesehariannya…. Kira kira yang bagus pakai berapa biji ya capasitor ya serta tipe apa yang bagus… Makasih atas bantuannya….

  5. boz toko elektronik di boyolali yg lengkap dimana??? kalo solo?

  6. Seftian zulfahmi

    Gan imamuddin mw nanya…
    Kalau untuk tiger, kisaran elconya butuh brapa mikro yah, aki standar tiger 7ah..
    Trus ane mw mengaplikasikan h4 ukuran bohlam 55/60 watt gan…
    Butuh brapa mikro yah gan biar kuat ngimbangin output lampunya tsb…?

  7. Seftian zulfahmi

    Low untuk honda tiger gmn gan…?

    • Seftian zulfahmi

      Kalau untuk honda tiger gmn gan..?
      Kondisi aki udah 4 thn, stater masih kuat koq…
      Tp pd saat langsam baik lampu utama dan lampu senja ikut redup gan ngikutin ritmenya langsam tsb..
      Pd saat gas d tarik kuat, cahaya lampu smua jd terang gan…
      Jd elco yg pas buat aki tiger yg 7ah brpa uf gan…?

      Trus apakah stelah pemakaian elco tsb baik lampu utama sama lampu senja pd permasalahan d atas bisa slesai gan..?

  8. kabel yg dipakai jenis kabel apa ya?

  9. Mas kalo saya mau aplikasiin elco buat gantiin aki bisa ga ya? Motor saya karisma.. Alasan ga pake aki karna belum ada dana, posisi mesin hidup tapi lampu ga terang.. Kali aja pake ini jadi terang 😀 pencerahaannya ya mas

    • Aki dengan spesifikasi 12V/5A berarti aki dapat memproduksi 5 Ampere dalam 1 jam dengan tegangan 12 Volt.
      Untuk menyimpan energi ini semuanya ke kapasitor, maka rumusnya sbb:
      F = (A*s)/V dimana
      F= Kapasitansi (F)
      A = Ampere
      s = seconds (1 jam = 3.600 detik)
      V = tegangan (volt)
      Maka : F = (5 * 3600) / 12
      F = 18.000 / 12
      F = 1.500 Farad

      Yakin mau bikin kapasitor 1.500 Farad ? 1 Farad = 1.000.000uf (mikrofarad)
      Anggep aja kita pake kapasitor 10.000uf / 25V, maka diperlukan
      1.500 F = 1.500.000.000uf
      maka diperlukan kapasitor : 150.000 buah kapasitor untuk setara dengan sebuah aki 12v/5Ah

      atauun klo pake elco yang 3 farad yang segede gelas, masih perlu 500 biji lagi.

  10. Maaf, mau tanya, rangkaian hanya bisa digunakan untuk kelistrikan yang udah diubah ke DC ya

    • jalur pengisian AKI sudah pasti DC. maksudnya rangkaian AC, lampu-lampu seperti lampu depan dan lampu speedo, masih ngambil arus dari spull langsung. tapi kalau lampu sein, lampu rem belakang, itu nagmbil dari aki. jadi kapasitor bank langsung dipasangkan di aki.

  11. oh iya jika diperbolehkan saya kirim melalui email anda untuk skema nya. terima kasih

    salam kenal

    nurany

    ynnrny@gmail.com

  12. maaf tanya lagi maklum newbie

    apakah kelistrikan vario 110 belum injek termasuk jenis apa ?
    saya mendapat skema elektronik voltage stabilizer untuk motor/mobil dengan banyak kapasitor dan bervariasi angkanya, juga terdapat lampu led. jika melihat skema maka pada saat kapasitor terdapat daya (maka led akan terus menyala tidak mati) apakah betul ? skema tersebut ada komponen antara lain C : 10nf, R : 1KOhm, LED, C : 8 X 4,7uf/16V, C : 5 X 1000uf/16v, C : 4 X 4700uf/16v dan C : 4 X 3300uf/16v. maaf mau menunjukkan gambarnya tidak bisa melalui commant ini (maklum saya yang tidak bisa)
    cara pemasangan kapasitor bank etrsebut yang benar bagaimana ?
    apabila saya menginginkan penambahan aki (aki tambahan) apakah ada yang perlu saya rubah dengan part motor standartnya ?
    untuk pemasangan aki tambahan saya dapat skema dari teman bahwa dari pengisian aki di cabang 2 dan diberikan dioda 6A ke aki asli dan 6A ke aki tambahan. apakah betul ? aki Asli —-|<|——|——|>|—-aki tambahan                                                                                                 |                                                                                                                                      dari pengisian aki
    mohon bantuannya, di comment sebelumnya saya diharapkan mengganti lampu standart dengan LED (maaf kira2 biaya penggantian lampu standart ke LED berapa perkiraannya ?) karena lampu yang harus diganti total lampu motor standart.

    • rangkaian dengan banyak kapasitor berukuran kecil juga baik untuk voltage stabilizer, klo cuman 1 atau 2 tapi berukuran besar, lebih digunakan untuk battery bank aja ketika menggunakan aksesoris yang berdaya besar. tinggal pilih aja mana yg dibutuhkan. untuk varion non-fi, klo ga salah masih AC jalur lampunya, jadi mesti dirubah dulu ke DC (bisa googling aja caranya). untuk penggunaan 2 aki, saya blm pernah mempraktekannya, secara teori bisa, asal arus pengisian mampu (cukup) untuk mengisi kedua aki tersebut.

  13. kalau boleh tau, harga per biji untuk kapasitornya berapa mas

  14. aku juga mau bikin..
    udah ada elconya, tinggal beli kabelnya..
    yg bagus kabelnya pakai diameter berapa om?

    • harusnya sih AWG, soalnya lebih tahan panas. tapi harganya mahal. hehe… kalau saya pake kabel yg beli di toko elektronik, yg tebel, kira2 besarnya mendekati kabel dari motor ke aki. klo saya pake serabut 2mm

  15. kapasitor bank itu sebenarnya fungsinya buat apa to mas?

  16. yg buat ngecharge hp udah ada juga hehehehe 😀

  17. ge ngecas hp isoh iki

Silahkan berkomentar