Home > Techno > Internet > Enda Nasution: Bapak Blogger Indonesia

Enda Nasution: Bapak Blogger Indonesia

enda2

Enda Nasution Sumber: http://warungsenggol.com/2009/02/06/bincang-santai-warung-senggol-episode-1-enda-nasution/

Bisa soal blog ataupun blogger, harusnya sudah tidak asing lagi dengan tokoh yang dijuluki sebagai Bapak Blogger Indonesia ini. Pria kelahiran Bandung pada tanggal 29 Juli 1975 yang merupakan seorang penulis dan banyak muncul di media untuk mempromosikan penggunakan blog. Dialah Enda Nasution, tinggal dan bekerja di Jakarta setelah sebelumnya bekerja sebagai Internet Marketing Strategist di Bangkok.

Belum tahu ? Belum pernah dengar sama sekali ?

Waduh, katanya suka ngeblog kok belum tahu. Minimal pernah dengar lah, atau minimal tahu bahwa beliau adalah salah satu dari yang pertama mengenalkan blog di negeri tercinta kita ini. Saya sendiri mendengar nama beliau sekitar tahun 2004 disaat blog masih sangat-sangat jarang.

Kontribusi beliau di dunia per-blog-an dimulai dari tulisan beliau yang bertitle “Apa itu blog” yang dia tulis pada tahun 2001. Menulis blog pertamayang khusus membahas pemilu tahun 2004, kemudian blog Indonesia Help yang berisi update dan informasi tentang pertooongan korban bencana alam.

Di blog pribadinya, kita bisa menemukan beragam informasi tentang apa itu blog dan beberapa tips dalam blogging diantaranaya bagaimana cara mudah membuat blog, kenapa harus buat blog,  sampai dengan sejarah blog itu sendiri.

Pada tahun 2005, beliau aktif menjadi kontributor di GLobal Voices Online, yakni sebuah project dari Harvard Law School dan turut pula menghadiri GV Summit ke-2 di London.

Di Akhir 2006, karena kepemimpinannya di dunia blog, beliau mendapat undangan dari Asia Society untuk hadir dalam Asia 21 Young Leader Summit di Seoul Korsel.

Kisah lain tentang beliau di tahun 2007, menjadi Chairman Pesta Blogger 2007 yang merupakan acara tahunan nasional blogger Indonesia yang pertama kalinya diadakan. Dan pada tahun-tahun berikutnya tetap menjadi anggota Steering Commitee pada acara tersebut.

Tepatnya bulan April 2009, beliau bersama dengan teman-teman dari Komunitas Langsat, meluncurkan sebauh situs Web 2.0 bertema politik pertama di Indonesia dengan nama Politikana.

Selain aktif dalam mengkampanyekan internet, dunia blog dan social media melalui media massa, baik cetak maupun televisi, beliau juga rajin diundang untuk berbicara di berbagai seminar dan workshop.

Pada tahun 2011, berangkat dari Komunitas Langsat, beliau mendirikan salingsilang.com yakni sebuah web startup dengan misi menata dan merapikan kembali sambil mengusung pembicaraan di dunia media sosial. Namun web ini ditutup sekitar awal tahun 2013.

Sejak Oktober 2012, Enda mengembangkan layanan sosial media Indonesia, Sebangsa.com yang akan diluncurkan segera, dengan melihat data dan perilaku pengguna Internet Indonesia yang masih memberikan peluang adanya sebuah mobile media sosial khusus Indonesia. Namun saat saya coba kunjungi ketika meulis tulisan ini, situs sebangsa.com tidak dapat diakses dengan pesan Restricted. Mungkin ada teman-teman lain yang bisa mengakses situs tersebut ?

Demikian biografi singkat dari Enda Nasution, Bapak Blogger Indonesia. Jangan ngaku blogger kalau belum kenal beliau. 😀

Sumber:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Enda_Nasution
  2. http://warungsenggol.com/2009/02/06/bincang-santai-warung-senggol-episode-1-enda-nasution/
  3. http://enda.goblogmedia.com
  4. http://ndri.info/tips/launching-komunitas-blogger-depok 

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

One comment

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ilmu psikolog.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai gaya hidup yang bisa anda kunjungi di <a href=”www.leppsi.gunadarma.ac.id”>disini</a>

Silahkan berkomentar