Home > Lainnya > Kuliner > Ala Chef Imam > Idenya Simple Aja, Bawal Rebus
Idenya Simple Aja, Bawal Rebus

Idenya Simple Aja, Bawal Rebus

Pada suatu pagi beberapa hari yang lalu, iseng-iseng sama istri ke pasar buat belanja sayur. Sampai di kios ikan lihat ikan bawal seukuran telapak tangan orang dewasa, wah kayaknya enak nih dibikin bumbu kuning. Akhirnya beli sekitar 1 kg lebih sedikit, dapat 4 ekor agak besar dan 1 ekor agak kecilan.

bawakuning2

Idenya cukup simple, bikin bawal segar tanpa digoreng, karena saya suka tekstur ikan yang direbus. Jadi meski kulitnya masih kelihatan mentah, tapi sejatinya sudah matang. Ikan dipotong jadi 2 atau tiga bagian, kemudian ditaburi garam dan merica bubuk dan dikasih air jeruk selama 10 menit.  Bumbu dasar bawang putih, bawang merah, kunyit dihaluskan buat tumis. Tumis secukupnya sampai harum, masukin ikan, tambahin air, gula jawa sedikit aja (klo suka), tambah asem jawa juga boleh (punya saya pas habis), cabe rawit utuh (biar anak2 ga kepedesan), daun salam, serei juga masuk buat aroma, dah gitu aja… done… tunggu sampai blekuthuk.. blekuthuk.. sampai ikannya mateng. Kalo mau sedikit nyemek-nyemek ya tinggal tambahin maizena.

Kayaknya cocok ditambah saus tomat (botolan ae wis.. kesuwennn klo bikin dhewe) plus bawang goreng (beli di pasar) …. Dan monggo… selamat makan 😀

Pada suatu pagi beberapa hari yang lalu, iseng-iseng sama istri ke pasar buat belanja sayur. Sampai di kios ikan lihat ikan bawal seukuran telapak tangan orang dewasa, wah kayaknya enak nih dibikin bumbu kuning. Akhirnya beli sekitar 1 kg lebih sedikit, dapat 4 ekor agak besar dan 1 ekor agak kecilan. Idenya cukup simple, bikin bawal segar tanpa digoreng, karena saya suka tekstur ikan yang direbus. Jadi meski kulitnya masih kelihatan mentah, tapi sejatinya sudah matang. Ikan dipotong jadi 2 atau tiga bagian, kemudian ditaburi garam dan merica bubuk dan dikasih air jeruk selama 10 menit.  Bumbu dasar bawang putih,…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar