Home > Software > Linux > Instalasi Apache2 Dengan PHP5 Pada Linux Debian
Instalasi Apache2 Dengan PHP5 Pada Linux Debian

Instalasi Apache2 Dengan PHP5 Pada Linux Debian

Kali ini saya akan memberikan teknik step-by-step untuk membuat web server dengan sistem operasi linux yakni Debian. Sebelumnya pastikan repository sudah tersedia, dapat menggunakan koneksi internet, maupun menggunakan DVD Repository Debian. Kalau saya menggunakan ISO Repository Debian yang masing-masing saya mount ke direktory /mnt, dan kemudian dari setting apt sources.list nya saya arahkan kesitu, jadi ga usah pake burning ke DVD dan juga ga usah ke Internet.

Untuk bahasan ini saya menggunakan Debian 7.2. Kalau kebetulan sampeyan punya OS Debian yang lebih baru atau lebih lawas, harusnya ga masalah karena perintahnya sama. Hanya mungkin versi Apache2 dan PHP5 nya yang berbeda. Server yang saya pakai menggunakan IP Address 192.168.2.11, untuk itu silahkan sesuaikan sendiri dengan IP Address yang sampeyan pakai. ūüôā

Instalasi Apache2

Karena apache2 sudah tersedian dalam paket debian, maka sangat mudah sekali instalasinya yakni tinggal menjalankan perintah berikut ini:

Setelah itu, sekarang coba buka alamat dari server menggunakan browser kesayangan anda untuk mengetes apakah instalasi Apache2 tadi berhasil atau tidak.

Jika anda menemui halaman dengan kata-kta "It wokrs!" berarti instalasi apache sudah berhasil

Jika anda menemui halaman dengan kata-kta “It wokrs!” berarti instalasi apache sudah berhasil

Secara default, document root akan berada di directory /var/www, sedangkan konfigurasi filenya berada di directory /etc/apache2 yakni sebuah file dengan nama apache2.conf. Konfigurasi tambahan diletakkan juga di dalamnya seperti mods-enabled dan sites-enabled, sites-available dan juga conf.d.

Instalasi PHP5

Langkah berikutnya adalah instalasi PHP5 dengan modul Apache PHP5. Lagi – lagi caranya cukup simple karena repository debian sudah menyediakan semuanya sbb:

Setelah itu kita mesti restart dulu service apache nya dengan cara sebagai berikut:

Test PHP5

Untuk mengetes apakah PHP5 sudah terinstall dengan benar, kita gunakan cara yang sudah umum yakni membuat sebuah halaman sederhana di directory web sebagai berikut:

Kemudian isikan code berikut ini:

Simpan dengan menekan tombol Ctrl+X dan jawab konfirmasi simpan dengan Y. Kemudian coba buka halaman tersebut dari browser sebagai berikut:

phpinfo

Kalau muncul halaman ini berarti sudah berhasil

Seperti yang sampeyan lihat, PHP5 sudah bekerja dengan baik.

Instalasi PHP5 Modules

Setelah berhasil menginstall PHP5 dan Apache2, maka langkah selanjutnya adalah instalasi modul-modul PHP5 agar bisa digunakan di aplikasi web yang nantinya kita bikin. Seperti modul untuk koneksi ke MySQL, SQLite, dan modul-modul lainnya. Untuk mencari modul-modul apa saja yang bisa diinstall, silahkan ketik perintah berikut ini:

Setelah itu akan ditampilkan beberapa modules yang tersedian

aptitudesearchphp5

Modul PHP5

 Dari sini silahkan instalasi modul-modul yang anda butuhkan, sebagai contoh sebagai berikut:

Kemudian restart service Apache2 lagi. Dan sekarang web server telah siap digunakan untuk hosting web apps yang Anda buat. Selamat belajar …

Kali ini saya akan memberikan teknik step-by-step untuk membuat web server dengan sistem operasi linux yakni Debian. Sebelumnya pastikan repository sudah tersedia, dapat menggunakan koneksi internet, maupun menggunakan DVD Repository Debian. Kalau saya menggunakan ISO Repository Debian yang masing-masing saya mount ke direktory /mnt, dan kemudian dari setting apt sources.list nya saya arahkan kesitu, jadi ga usah pake burning ke DVD dan juga ga usah ke Internet. Untuk bahasan ini saya menggunakan Debian 7.2. Kalau kebetulan sampeyan punya OS Debian yang lebih baru atau lebih lawas, harusnya ga masalah karena perintahnya sama. Hanya mungkin versi Apache2 dan PHP5 nya yang…

Review Overview

User Rating: 4.85 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

One comment

  1. Saya tertarik dengan postingan anda ini, informasi web server yg sangat berguna sekali.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    <a href=”http://lpug.gunadarma.ac.id/sertifikasi/”>Informasi</a>

Silahkan berkomentar