Home > Otomotif > Kiprok DC L12 Generasi Ketiga
Kiprok DC L12 Generasi Ketiga

Kiprok DC L12 Generasi Ketiga

Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahasa soal Kiprok Generasi 2 a.k.a New Bluebox produksi dari Bengkel L12 Sawangan Depok disini dan uji cobanya disini, maka kali ini datang ke meja redaksi Kiprok DC L12 Generasi Ketiga. Mari kita lihat apa saja perkembangannya.

Body

Sedikit berbeda dengan seri pendahulunya, Kiprok DC L12 generasi ketiga ini dibalut dengan alumunium yang berfungsi juga sebagai pendingin dari rangkaian yang berada di dalamnya. Dengan dimensi tidak berbeda jauh dengan seri sebelumnya, cukup besar dan tetap mempertahankan warna biru sebagai ciri khasnya. Body yang cukup besar ini mungkin agak sedikit menyulitkan ketika dipasang. Namun keberadaan lubang di body kiprok cukup membantu sebagai lubang tempat baut untuk mounting ke rangka motor.

kiprok-dc-l12-v3-003

Body masih cukup bongsor sehingga mungkin agak sulit untuk menemukan lokasi yang pas untuk menaruhnya.

kiprok-dc-l12-v3-001

Lubang untuk tempat baut. Di seri sebelumnya belum ada lubang seperti ni.

Saya menaruh kiprok ini di dalam bagasi di bawah jok motor. Saya taruh di sisi dan posisinya memang pas sekali. Tentunya kabel ke kiprok dikeluarkan dari jalurnya agar sampai ke posisi ini.

kiprok-dc-l12-v3-004

Posisi di sebelah kiri, di sebelah kanan adalah Kiprok versi 2.

Kabel dan Socket

Satu hal yang menarik perhatian saya adalah socket bawaan. Kalau di versi sebelumnya, socket mesti kita pasang sendiri, maka di versi ini socket sudah termasuk dalam paket. Kebetulan di unit yang saya terima, socket menggunakan skun yang biasa alias cukup tipis. Hal ini sudah saya konfirmasi ke produsen dan saya juga memberikan saran untuk ke depan agar menggunakan socket yang lebih besar. Agak sedikit mahal tapi tentunya dapat menyalurkan arus lebih maksimal dan tahan terhadap arus tinggi.

kiprok-dc-l12-v3-002b

Kalau mungkin Anda mendapatkan unit yang sama dengan saya, lebih baik skunnya diganti dengan yang lebih tebal. Merk Utilux sudah bagus kok, dengan harga kisaran Rp1.500 /biji atau Rp3.000/pasang.

Spesifikasi Teknis

sMenurut produsennya yakni Bengkel L12 Sawangan Depok, kiprok generasi ketiga ini memiliki limitasi tegangan hingga 15.4 volt. Lebih rendah dari versi kedua dan pertama. Di versi kedua saya sendiri bisa mencapai 15.8 volt, sangat cocok sekali dengan motor yg peralatan lenongnya tingkat medium dalam konsumsi arus. Sedangkan pada versi pertama saya bisa mendapat sampai 17 volt lebih dan karena menurut produsennya memang spesial dirancang untuk konsumsi beban besar.

Jadi kalau motor sampeyan tidak ada perangkat aksesoris yang butuh beban besar alias cuman standaran, tidak disarankan memakai yang versi pertama dan kedua. Nah, di versi ketiga ini saya kira lebih cocok. Tapi nanti akan kita uji lagi sejauh mana kiprok ini menjalankan tugasnya. Uji pertama rute pendek sekitar 75km (PP total 150km), dan uji kedua mengambil rute menengah sekitar 250km (PP total 500km)

Ok, demikian review pertama hari ini, tunggu next reviewnya ya sobat, sambil kita intip dalemannya dan tentunya hasil uji buat jalan … 😀

Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahasa soal Kiprok Generasi 2 a.k.a New Bluebox produksi dari Bengkel L12 Sawangan Depok disini dan uji cobanya disini, maka kali ini datang ke meja redaksi Kiprok DC L12 Generasi Ketiga. Mari kita lihat apa saja perkembangannya. Body Sedikit berbeda dengan seri pendahulunya, Kiprok DC L12 generasi ketiga ini dibalut dengan alumunium yang berfungsi juga sebagai pendingin dari rangkaian yang berada di dalamnya. Dengan dimensi tidak berbeda jauh dengan seri sebelumnya, cukup besar dan tetap mempertahankan warna biru sebagai ciri khasnya. Body yang cukup besar ini mungkin agak sedikit menyulitkan ketika dipasang. Namun keberadaan…

Review Overview

User Rating: 4 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar