Home > Hardware > IdeaCentre Q190, Mini PC Dari Lenovo

IdeaCentre Q190, Mini PC Dari Lenovo

Kali ini Wish Enterprise mendapat kiriman satu unit Lenovo IdeaCentre Q190, sebuah Mini PC yang dalam paket penjualannya sudah termasuk LCD Monitor 18,5″ beserta Keyboard dan Mousenya. Rencananya mesin ini akan digunakan untuk menggantikan Nano PC NTi dari Foxconn untuk beberapa produk Kiosk yang diproduksi oleh Wish Enterprise.

Paket Penjualan

Paket penjualan cukup komplit. mulai dari unit Q190 itu sendiri, LCD Monitor Wide Screen, Keyboard USB, Mouse USB dan beberapa pernak-pernik lain seperti kartu garansi, manual book, adaptor, kabel VGA, dudukan unit, bracket dll.

Back Panel

Modul ini terdiri dari 2 (dua) unit yang digabung jadi satu dan tentunya juga dapat dipisah. Yakni unit mini pc dan unit DVD Combo Eksternal. Keduanya dihubungkan dengan konektor USB berbentuk huruf U warna hitam seperti yang nampak dalam gambar di atas. Di bagian ini kita bisa menemukan port untuk power adaptor, LAN, HDMI, 4 USB 2.0, VGA dan SPDIF.

Front Panel

Di bagian front panel, kita akan temuai Slot Memory Card, 2 USB 3.0 Port, Mic Port, Speaker Port. Cukup elegan dengan design yang luamayan simple dengan design professional. Untuk casing, menurut saya lebih solid Nano PC nya Foxconn. Sedangkan Lenovo Q190 ini terkesan tipis dan kurang kokoh.

Desk Mode

Selain disposisikan tidur, modul ini juga bisa diposisikan dengan berdiri menggunakan dudukan yang sudah include dalam paket penjualan.

Test Drive

Unit ini menggunakan DOS sebagai OS nya. Sehingga user bisa memilih sendir OS sesuai dengan kebutuhannya. Pada gambar di atas saya coba tes menggunakan Windows 8 Trial.

Spesifikasi: Intel® Core™ i3-3217U Processor (3M Cache, 1.80 GHz),Intel HM76 Chipset, 1x4GB DDR3 1066MHz (up to 8GB), 500GB 5400RPM SATA3 6Gbps, Integrated Intel HD Graphics, WIFI, DVD RW,Ethernet 10/100/1000M, 6in1 Card Reader, DOS, Wired Keyboard, 1 Year On Site Warranty, 2 x USB 3.0 (front), 4 x USB 2.0 Port (Rear), 1xVGA, 1xHDMI port, 1xS/PDIF, 2Jack (mic-in, Line Out), 19.5V/65W,18.5″ W LCD Display, 155 x 192 x 22mm (Main BOX)

Kisaran Harga Terakhir: Rp 5,6jt – Rp 5,7jt

Untuk anda yang mungkin sedang mencari PC dengan design compact dan tidak memakan banyak ruang, mungkin ini bisa dijadikan pilihan mengingat ukurannya yang cukup mungil. Bahan unit bisa dipasangkan di belakang monitor dengan menggunakan bracket yang juga include dalam paket penjualannya. Konsumsi daya pastinya lebih kecil daripada PC biasa, namun dengan konsekuensi spesifikasi yang ditawarkan juga bukan high-end. Dengan spesifikasi yang termasuk minimalis, sudah cukup diandalkan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Namun tidak disarankan bila digunakan untuk tugas-tugas berat seperti render video, render animasi, game 3D dll.

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar