Home > Hardware > Aksesoris Lainnya > Membuat Charger Handphone Dengan Koneksi USB Di Motor (Bagian 2)

Membuat Charger Handphone Dengan Koneksi USB Di Motor (Bagian 2)

Setelah kemarin mencoba membuat sendiri charger nya, sekarang giliran buat pasang di red pio. Jalur yang saya pakai adalah ke aki, namun bukan langsung ke aki, melainkan ke kunci kontak. Kunci kontak pio sendiri ada 3 kabel yakni Merah, Hitam dan Coklat. Kalau kunci kontak OFF, maka Merah dan Coklat menyatu, sedangkan kalau OFF maka Coklat dan Hitam menyatu. Tapi lupa mengabadikan pas bongkar-bongkar kabelnya πŸ˜€ hehehe

Kondisi terpasang bareng bracket handphone

Saya sambungkan (+) nya kabel coklat, dan (-) nya ke kabel hitam, karena biar waktu kunci kontak OFF, charger juga off. Maksudnya, biar pas motor parkir dan ada yg iseng, listrik tetep off. Atau kalau hujan ga konslet, soalnya belum 100% water proof. Β OK selebihnya biar gambar yang berbicara.

Kondisi ON, lampu merah menyala

Tes dengan Galaxy Mini a.k.a Galmin

Tes Galmin (bukan Garmin lho .. ) dipake buat GPS Navigation dalam perjalanan Boyolali – Wonosobo +/- 4 jam perjalanan, dan dinyatakan sukses hampir tanpa kendala berarti selain beberapa kelemahan yang telah diposting di artikel sebelumnya

Masih kasar dan belum rapi, project berikutnya bikin yang lebih rapi dan tentunya lebih safe. Selamat bereksperimen πŸ˜€ πŸ˜€

Setelah kemarin mencoba membuat sendiri charger nya, sekarang giliran buat pasang di red pio. Jalur yang saya pakai adalah ke aki, namun bukan langsung ke aki, melainkan ke kunci kontak. Kunci kontak pio sendiri ada 3 kabel yakni Merah, Hitam dan Coklat. Kalau kunci kontak OFF, maka Merah dan Coklat menyatu, sedangkan kalau OFF maka Coklat dan Hitam menyatu. Tapi lupa mengabadikan pas bongkar-bongkar kabelnya :D hehehe Saya sambungkan (+) nya kabel coklat, dan (-) nya ke kabel hitam, karena biar waktu kunci kontak OFF, charger juga off. Maksudnya, biar pas…

Review Overview

User Rating: 4.7 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

31 comments

  1. Gan,ane udh bkin rangkaian sama persis seperti di bagian 1 dan udh ane pasang di motor,,masalahnya buat ngecas kok lama bgt ya gan kira letak permasalahanya dmna gan apakh krna posisi led + R560 ohm nya ane pasang di bagian akhir atau output..mohon pencerahannya gan thx..

  2. Ma,af gan mau tanya,kalo LED nya di ganti yang 3 warna bisa gak gan?

  3. thanks gan

    atas semua ilmunya

  4. gan kalau karet yang buat pelindung kabelnya itu namanya karet apa kalau beli di toko elektronika

  5. maaf gan

    sudah saya praktekin kalau buat charger andromax ko bukanya ngisi ko malah nyedot ya,,,
    tp kalau buat hp lain bisa cepet full,gimana itu gan?

  6. Gan mau nanya lagi,gpp kan gan,,,
    lg pingin memperluas pengetahuan gan,

    Kalau untuk mengisi batery berapa (MAXIMAL-nya) output dari charger yg dibutuhkan dan kenapa harus segitu?
    contoh;
    -batery hp 3,7 Volt, itu (MAXIMAL) output chargernya harus berapa? dst,…
    Dan selisih antara kapasitas batery dan output charger harus berapa Volt?

    Tolong penjelasanya gan,,,

  7. Kembali ke BAG 1 gan…

    Gan kalau rankaianya mau di tambahin dioda zener itu gimana gan?
    letaknya dimana,kalau ic-nya ada dua apakah dioda zenernya harus dua juga?
    dan dioda zenernya yang ukuran berapa?

  8. aku naksir braket’e,
    #mlipir ACE ahh.. (waduh tutup) >> sesuk ae πŸ™‚

  9. Maaf bro ak suka tapiGk lengkap kurang detail untuk pcbnya aj gk ad penjelasan urutan2 nyoldernya gambarnya pun gk bisa buat acuan cuma seperti produk iklan ak tunggu bro yang lebih detail.

    • dari skema-nya, harusnya sudah mudah untuk bikin PCB nya… tinggal mainkan sedikit kreatifitas hehehe saya juga cuman pake pcb matrix, jadinya kasar.
      klo dgn pcb yang biasa, memang agak ribet, karena harus bolongin sendiri, harus larutin sendiri.. tapi hasilnya lebih rapi.

  10. itu braket buat hpnya beli di mana,ya….
    di sini nggak ada,je…

  11. nyambung pake apa? ati2 kalo nyambung kabel kelistrikan motor.

Silahkan berkomentar