Home > Otomotif > Modifikasi Motor > Membuat Charger Handphone Dengan Socket Lighter
Membuat Charger Handphone Dengan Socket Lighter

Membuat Charger Handphone Dengan Socket Lighter

Beberapa waktu yang lalu saya pernah bahas bagaimana cara membuat charger handphone di motor menggunakan beberapa komponen elektronik secara sederhana disini, dan disini, beberapa kali sukses, namun juga beberapa kali gagal karena komponen elektronik yang mudah panas dan mati terbakar. Dirasa kurang aman, maka untuk selanjutnya saya sendiri tidak menggunakan lagi secara permanen di motor. Jadi istilahnya project tersebut hanya untuk emergency dan kreativitas aja, tidak saya sarankan penggunaan secara terus menerus.

charger handphone motor

Socket Lighter dan Charger

Untuk jalur daya, saya langsung sambungkan kutub positif dan negatif nya ke aki. Jadi bisa digunakan meski kunci kontak dalam keadaan off dan mesin mati. Bisa saja sih disambungkan ke jalur kunci kontak, namun untuk ngecharge mesti nyalain kunci kontak, dan itu ga lucu klo pas lagi berhenti di jalan atau pas lagi camping dll. Tapi pastikan tidak ada kabel yang terkelupas (cek berkala) maupun body lighternya yang bocor yang mungkin bisa kemasukan air. Bis konslet lads… đŸ˜€

charger handphone motor

Pake velcro biar mudah dilepas pas service motor

Socket lighter ini saya dapat di Ace Hardware dengan harga waktu itu sektiar 135rb an. Sedangkan charger nya sendiri pake charger mobil yg bisa dibeli di toko aksesoris handphone. Dan untuk mountingnya, saya menggunakan 3 buat velcro yang saya taruh di ujung tangki namun tidak mengganggu pergerakan stang.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah bahas bagaimana cara membuat charger handphone di motor menggunakan beberapa komponen elektronik secara sederhana disini, dan disini, beberapa kali sukses, namun juga beberapa kali gagal karena komponen elektronik yang mudah panas dan mati terbakar. Dirasa kurang aman, maka untuk selanjutnya saya sendiri tidak menggunakan lagi secara permanen di motor. Jadi istilahnya project tersebut hanya untuk emergency dan kreativitas aja, tidak saya sarankan penggunaan secara terus menerus. Untuk jalur daya, saya langsung sambungkan kutub positif dan negatif nya ke aki. Jadi bisa digunakan meski kunci kontak dalam…

Review Overview

User Rating: 4.9 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

2 comments

  1. mas, berarti kita bisa pakai charger untuk di mobil ya? ada yang perlu diubah ga? trs cara mengaplikasikannya gimana?mohon penjelasannya, terima kasih.

Silahkan berkomentar