Home > Programming > Pemrograman PHP > Membuat CRUD Sederhana Dengan PDO (1)
Membuat CRUD Sederhana Dengan PDO (1)

Membuat CRUD Sederhana Dengan PDO (1)

PHP Data Objects atau PDO adalah interface yang disediakan oleh PHP untuk terhubung dengan database server yang bersifat universal. Kenapa disebut universal ? karena PDO sendiri tidak terikat dengan mesin database tertentu. Berarti ada dong interface yang tidak universal ? Tentu ada, dan mungkin sudah banyak kita gunakan sebelumnya yakni mysql_* dan mysqli.

Kalau di .NET saya biasanya menggunakan Origami yang merupakan sebuah micro-framework yang di dalamnya juga terdapat interface untuk koneksi database yang sifatnya universal yang berbasis System.Data.Common.

Membuat Table

Sebelum memulai membuat CRUD sederhana dengan PDO, terlebih dahulu silahkan membuat table di dalam database. Dalam hal ini saya menggunakan MySQL sebagai contoh.

Simple aja, saya membuat sebuah table “penduduk” dengan 3 field di dalamnya yakni NIK, Nama dan Alamat. Saya create table tersebut dalam sebuah database yang bernama “sampledb”.

Membuat Class Connector

Setelah table siap, silahkan buka editor favoritmu dan mulailah membuat sebuah project PHP dan buatlah sebuah file php dengan nama connector.php sbb:

Class Connector ini nantinya akan dipakai untuk membuat jalur koneksi ke database server.

Membuat Class Penduduk

Kemudian buatlah sebuah file baru dengan nama penduduk.php sbb:

 

Class ini digunakan sebagai model yang merupakan perwujudan dari table yang ada dalam database. Usahakan nama class nya sama dengan nama table-nya dan nama field-field nya juga sama.

Bersambung ke Bagian (2)… Membuat Class Repository & Form ..

PHP Data Objects atau PDO adalah interface yang disediakan oleh PHP untuk terhubung dengan database server yang bersifat universal. Kenapa disebut universal ? karena PDO sendiri tidak terikat dengan mesin database tertentu. Berarti ada dong interface yang tidak universal ? Tentu ada, dan mungkin sudah banyak kita gunakan sebelumnya yakni mysql_* dan mysqli. Kalau di .NET saya biasanya menggunakan Origami yang merupakan sebuah micro-framework yang di dalamnya juga terdapat interface untuk koneksi database yang sifatnya universal yang berbasis System.Data.Common. Membuat Table Sebelum memulai membuat CRUD sederhana dengan PDO, terlebih dahulu silahkan membuat table di dalam database. Dalam hal ini saya menggunakan…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar