Home > Programming > Pemrograman C# > Menampilkan Semua Printer Yang Terinstall Dalam Pemrograman C#

Menampilkan Semua Printer Yang Terinstall Dalam Pemrograman C#

Dalam pembangunan sebuah aplikasi, sering kali kita dihadapkan dengan sesuatu yang berubungan dengan printer. Misalnya untuk mencetak Nota Penjualan, Laporan, Grafik dan lain sebagainya. Di kondisi tertentu kita ingin menampilkan printer apa saja yang terinstall di komputer, maka pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan gambaran code sederhana untuk menampilkan semua printer yang terinstall ke dalam sebuah ComboBox. Disini kita akan memanfaatkan class PrinterSettings yang terdapat dalam System.Drawing.Printing, maka tambahkan dulu usingnya di baris paling atas sbb:

Selanjutnya tinggal tambahkan code berikut di event Form_Load atau Form_Shown
Dalam code diatas, kita menggunakan for untuk looping printer yang ada dalam PrinterSettings.InstalledPrinters. Karena InstalledPrinters adalah sebuah StringCollection maka dapat dengan mudah kita ambil isinya mulai dari collection ke-0 (nol) sampai dengan sejumlah berapapun di dalamnya. Untuk menambahkan nya dalam combo box tinggal memasukkannya dalam comboBox1.Items.Add

Alternatif yang lebih simple dari code diatas daripada menggunakan looping For, akan lebih mudah, simple dan terlihat professional kalau menggunakan ForEach seperti code berikut ini:

Sebagai gambaran bagaimana hasil yang akan didapat ketika sudah diimplementasikan ke form adalah sebagai berikut:

List Installed Printer on ComboBox

List Installed Printer on ComboBox

Sedangkan full code nya adalah sbb:

Selamat belajar dan bereksperimen.

Dalam pembangunan sebuah aplikasi, sering kali kita dihadapkan dengan sesuatu yang berubungan dengan printer. Misalnya untuk mencetak Nota Penjualan, Laporan, Grafik dan lain sebagainya. Di kondisi tertentu kita ingin menampilkan printer apa saja yang terinstall di komputer, maka pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan gambaran code sederhana untuk menampilkan semua printer yang terinstall ke dalam sebuah ComboBox. Disini kita akan memanfaatkan class PrinterSettings yang terdapat dalam System.Drawing.Printing, maka tambahkan dulu usingnya di baris paling atas sbb: [crayon-5a90c48e0b0b5933963724/] Selanjutnya tinggal tambahkan code berikut di event Form_Load atau Form_Shown [crayon-5a90c48e0b0c4900326501/] Dalam code diatas, kita menggunakan for untuk looping printer yang ada…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar