Home > Software > Virtualization > Migrasi Container Proxmox Ke Storage Lain
Migrasi Container Proxmox Ke Storage Lain

Migrasi Container Proxmox Ke Storage Lain

Ketika menggunakan Proxmox, ada kalanya kita ingin memindah sebuah Container ke Storage lain, bisa karena storage existing penuh, atau Storage existing performanya kurang baik, dll sehingga perlu ditata ulang dan perlu memindah satu atau beberapa Container ke Storage lain. Cara termudah adalah dengan mem-Backup Container tersebut kemudian me-Restore kembali di Storage tujuan, namun tentunya ribet. Nah berikut ini adalah script yang dibuat oleh James Coyle disini, yang akan menyederhanakan proses Backup Restore tersebut hanya dengan perintah yang simple dari terminal.

Silahkan salin script tersebut di atas dengan editor favorit Anda. Jangan lupa untuk mengatur permissionnya sbb:

Beberapa parameter yang bisa dipakai: -d : untuk menghapus file backup/dump temporary setelah proses restore selesai dilakukan -s : storage tujuan -c : container ID Contoh perintah:

Perintah di atas akan memindahkan Container dengan ID 101 ke Storage new_storage. Jika Container tersebut sedang running, maka akan si Stop terlebih dahulu, dan setelah proses pemindahan berhasil akan di Start kembali. Sebelum melakukan proses migrasi, pastikan Anda membackup terlebih dahulu agar apabilan proses migrasi gagal dan atau menyebaban kerusakan pada Container, Anda dapat mengembalikannya seperti semula. Selamat belajar !

Ketika menggunakan Proxmox, ada kalanya kita ingin memindah sebuah Container ke Storage lain, bisa karena storage existing penuh, atau Storage existing performanya kurang baik, dll sehingga perlu ditata ulang dan perlu memindah satu atau beberapa Container ke Storage lain. Cara termudah adalah dengan mem-Backup Container tersebut kemudian me-Restore kembali di Storage tujuan, namun tentunya ribet. Nah berikut ini adalah script yang dibuat oleh James Coyle disini, yang akan menyederhanakan proses Backup Restore tersebut hanya dengan perintah yang simple dari terminal.[crayon-5a160ef9704dc013005196/]Silahkan salin script tersebut di atas dengan editor favorit Anda. Jangan lupa untuk mengatur permissionnya sbb:[crayon-5a160ef9704ed597056992/]Beberapa parameter yang bisa dipakai: -d :…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar