Home > Lainnya > Kuliner > Ala Chef Imam > Nila Bakar Batu Dengan Saus Kuning
Nila Bakar Batu Dengan Saus Kuning

Nila Bakar Batu Dengan Saus Kuning

Beberapa hari yang lalu anak-anak minta dimasakin ikan bakar, dan ini baru kesampaian. Ikannya sih beli dari beberapa hari yg lalu trus dimasukin freezer, coz kemarin blm sempat bakar-bakar :D, jadi ga fresh. But no problemo… hajar….

Idenya sederhana, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis, garam plus merica bubuk. Trus diamkan sejenak biar meresap, kira-kira 30-60 menit. Lalu bakar seperti biasa. Saya pakenya bakar batu. Bumbu bakarnya standard aja terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kunyit, miri, asem dikit aja (klo ada) dan bumbu dapur sak koncone. Bakar bolak-balik, kasih kecap, bakar lagi.. dan repeat sampai matang.

FB_IMG_1472054610835

Buat sausnya, saya pake seadanya. Kayak bumbu halus tadi cuman ditambah tomat merah 1 buah, tambah saus botolan dikit, gula jawa, air jeruk nipis, gula pasir dan daun seledri (tambahin pas mau matang, biar tetep segar), sama bawang bombai iris kecil-kecil. Saya ga pakai kaldu ikan, biar sausnya seger.

Setelah matang, taruh di piring, siram pake sausnya… josss.. maknyus pemirsa… wis gitu aja.. saya lupa racikannya berapa siung bawangnya, berapa sendok garemanya.. wis dikira-kira sendiri sesuai selera kalau mau bikin juga heheh 😀

Beberapa hari yang lalu anak-anak minta dimasakin ikan bakar, dan ini baru kesampaian. Ikannya sih beli dari beberapa hari yg lalu trus dimasukin freezer, coz kemarin blm sempat bakar-bakar :D, jadi ga fresh. But no problemo... hajar.... Idenya sederhana, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis, garam plus merica bubuk. Trus diamkan sejenak biar meresap, kira-kira 30-60 menit. Lalu bakar seperti biasa. Saya pakenya bakar batu. Bumbu bakarnya standard aja terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kunyit, miri, asem dikit aja (klo ada) dan bumbu dapur sak koncone. Bakar bolak-balik, kasih kecap, bakar lagi.. dan repeat sampai matang. Buat…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar