Home > Otomotif > Modifikasi Motor > Pasang Cree Owl X2 LED Sebagai Lampu Tambahan

Pasang Cree Owl X2 LED Sebagai Lampu Tambahan

Berawal dari kegelisahan saat riding malam hari dengan lampu penerangan standard yang seadanya, terutama pas riding di wilayah hutan alias jalur alternatif yang bukan hanya minim tapi bahkan tidak ada lampu jalan, maka setelah menimbang dan akhirnya memutuskan, dipilih sebuah lampu tambahan berupa lampu led dengan nama CREE OWL X2.

Pemasangan di stang pio

Ini saya dari pusatled.com dengan harga silahkan cek sendiri di link-nya. Dimana spesifikasinya adalah sebagai berikut:

Owl Eye X2 LED 2x Cree XM-L2 T6 MotorByke & Bicycle 8-15Volt 3 Mode Max10

  • Color Temperature: 6000-6500K
  • Power: 2pcs*10W CREE L2 LED
  • Operating Voltage:8-15V DC
  • 3 Mode : 2.5W, 5W, 10W
  • Aluminum alloy housing case and Glass lens
  • Aluminium smooth Reflector
  • Dimensions: 42mm(L)*60mm(W)*25mm(H)

Nyala siang hari

Cahaya nya putih dan terang sekali. Sesuai spesifikasinya terdapat 3 mode nyala yakni 3 watt, 5 watt dan yang paling terang 10 watt. Berikut ini coba saya bandingkan antara cahaya standard headlamp nya si pio sama ketiga mode nyala lampu tersebut.

Lampur headlamp standard pio

Nyala di atas adalah Low-Beam standardnya pio dengan lampu Philips 12W 35/35 dan dalam kondisi stasioner. Dengan lampu yang seadanya ini ya akhirnya sukses beberapa kali menghajar jalanan yang tidak rata ditambah kondisi mata saya yang sudah minus.

Nyala 3 Watt

Nyala dalam kondisi headlamp dan cree led nyala dalam mode 3 watt dalam kondisi stasioner. Btw aki cuman 11.9v, waduh dah mulai soak nih hehehe.

Mode 5 Watt

Mode 5 watt dengan headlamp masih nyala dan kondisi stasioner juga. Cukup terang tapi cahaya ga begitu fokus, cenderung menyebar.

Mode 10 Watt

Mode yang paling terang yakni 10 Watt. Nyala lampu utamanya si pio sampai tidak kelihatan. Tapi tes nyala ini di teras rumah, belum saya tes ketika di ruang terbuka. Nanti kalau sudah saya tes di jalanan terbuka, saya posting lagi reviewnya. 😀 Sebenernya semalam dah saya coba riding ke jalanan, cuman ga sempat foto-foto hasilnya. 😀

Berawal dari kegelisahan saat riding malam hari dengan lampu penerangan standard yang seadanya, terutama pas riding di wilayah hutan alias jalur alternatif yang bukan hanya minim tapi bahkan tidak ada lampu jalan, maka setelah menimbang dan akhirnya memutuskan, dipilih sebuah lampu tambahan berupa lampu led dengan nama CREE OWL X2. Ini saya dari pusatled.com dengan harga silahkan cek sendiri di link-nya. Dimana spesifikasinya adalah sebagai berikut: Owl Eye X2 LED 2x Cree XM-L2 T6 MotorByke & Bicycle 8-15Volt 3 Mode Max10 Color Temperature: 6000-6500K Power: 2pcs*10W CREE L2 LED Operating Voltage:8-15V DC 3…

Review Overview

User Rating: 4.75 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

24 comments

  1. salam kenal
    Terima kasih atas infonya,sangat bermanfaat sekali.

  2. Boleh liat gambarnya ga?? Mau coba d’instal hari ini… 🙂

    • wah blm nemu arsipnya, klo lampunya dah ganti pake Led Bar Epistar, coz yang OWL rusak driver sama kedua lampunya. mudah kok, bikin aja besi L kecil, trus buat lubang untuk mounting lampunya, dan di ujung satunya lubang buat mounting ke salah satu bagian baut motor bagian depan.

      • Gan saya udah coba instal,, tapi ko lampunya ga mau nyala? Knp ya?? Padahal indikasi lampu yang d’belakangnya nyala? Tapi power udah d’pencet-pencet lampu tetep ga mau nyala??

        • coba cek sambungan kabel + dan – nya. tombol power warna biru, 3 mode biasanya. redup, kedip, terang.

          • Cara ceknya gmn?? Klo ada yg putus mungkin lampu indikator belakang ga akan nyalakn?? Cara liat dalemannya gmn?? Apakah bisa dibuka?? Ada PIN BBM or sosmed gan?? Biar enak kaonsulasinya.. tapi itu juga klo agan berkenan.. thanks…

          • klo masih baru, mending konsultasikan dengan penjualnya. kalau mau cek sendiri, bisa pake avometer, tapi mesti dibuka dulu dalemnya buat cek tegangan yg masuk ke driver dan keluar driver.
            untuk sosmed silahkan cari nama saya di fb

  3. Boleh liat pictnya ga?? Mau coba d’instal hari ini… 🙂

  4. Boleh liat pict dudukannya ga?? Saya beli tapi ga dpt dudukannya…

  5. Gan cara instal ke motor caranya gmn klo ga ke aki langsung??

  6. Mas mau tanya,,
    Itu di pusat led tidk termasuk btrai mksd ny gmn mas,,

  7. mas mau tanya cree owl ini dijumper pake saklar terpisan dan di owlnya diset yang 10watt bisa gak ya?

    kalo 10watt brarti total kanan-kiri 20watt ya?

    pengen beli juga di pusat led tapi bingung masalah pemasangannya

    • saklar bawaan ada di unitnya dengan 3 mode nyala. sekarang saya ubah dengan melengserkan driver bawaan, dan pasang driver baru, dan sklar taruh di stang. Kalau pasangnya langsung ke kunci kontak aja untuk (+) dan untuk (-) ke rangka. Klo masih asli, ujung kabel kayak colokan adaptor laptop, tinggal dipotong aja.

  8. bos untuk pemasangannya bukannya yg standar owl dia ga recomended langsung ke aki yah ?
    harus di ganti dulu drivernya,biar ga gampang putus led owlnya ?

    terus untuk pemakaiannya cree owl nih bisa di nyalain maksimal berapa lama yah ?

    biar ga cepet rusak.

    thx

    • sejauh ini saya pasang langsung ke aki (jalur kunci kontak) fine fine aja, cuman 3 kali kawat lilitan yg ada di driver putus karena goncangan. dan terakhir ini setelah saya solder, saya kasih lem bakar biar tidak goncang. kalau saya, nyalainnya klo pas diperlukan aja. ini juga mau saya ganti driver nya biar bisa dikasil saklar di luar. soalnya bawaannya, saklar di body owl nya, jadi agak ribet.

  9. bos itu sumber daya nya langsung ambil dari aki motor ?

    boleh fotoin ngga jalur yang ke aki nya ?

    • sambungnya ke jalur kunci kontak. kabel (-) ke rangka atau kabel hitam. kabel (+) ke kabel coklat dari kunci kontak.
      atau langsung ke aki juga ga masalah karena cree owl ini di body nya juga sudah ada switch on/off nya sendiri

  10. dudukan disetang buat sendiri atau beli mas

  11. walah terang banget, apa gak silau?berapaan ya om? 😀

Silahkan berkomentar