Home > Otomotif > Modifikasi Motor > Pasang Handguard, Pastinya Bukan Sekedar Gaya
Pasang Handguard, Pastinya Bukan Sekedar Gaya

Pasang Handguard, Pastinya Bukan Sekedar Gaya

Mungkin ada bermacam alasan untuk memasang handguard atau pelindung tangan yang dipasang pada handlebar (stang) motor. Selain dari fungsinya sendiri yang sesuai dengan namanya, yakni untuk melindungi tangan, namun juga bisa digunakan menambah rasio kegantengan motor :D. Dalam hal melindungi tangan rider, paling maksimal ketika terjadi hantaman dari arah depan, selain itu juga mencegah tangan rider terjepit oleh handle rem atau kopling ketika terjatuh, memberikan proteksi dari arah samping serta paling tidak meminimalisir cedera.

Handguard murah, namun dengan besi yang cukup tebal hampir 5mm (lihat pada titik yang dilingkari warna merah)

Di pasaran, banyak sekali merk dan macam handguard dengan berbagai variasi harga juga. Ada yang murah, dan banyak juga yang mahal. Ada yang seperti saya pakai di atas (kisaran 135rb-an), ada yang bahannya cuman plastik keras, ada yg pakai lampu, ada juga yg cuman semacam besi kecil (tapi mahal) namun harganya luar biasa mahal dan lebih eye catching.

Mahal nih 😀 Pic dari: kentadis.files.wordpress.com

Buat yang ingin pasang handguard, silahkan pilih berdasarkan selera, fungsi dan juga isi dompet 😀 hehe… Kalau saran saya, jangan ambil yang semuanya dari plastik, coz tidak memberikan perlindungan maksimal. Memang sih, eye catching dan murah, tapi ketika terjadi impact, pastinya tidak sekukat besi. Kalau yang merk Rizoma di atas, cocok banget dipake di motor sport seperti Ninja, R25 dll.. karena ga lucu klo mereka pakai model cross seperti yang sya pake 😀 hehehe.

Handguard dilihat dari dashboard

Handguard yang saya pasang, cukup murah lah dibanding dengan manfaat yang bisa didapat. Paling tidak sudah berusaha meminimalisir cidera.

Mungkin ada bermacam alasan untuk memasang handguard atau pelindung tangan yang dipasang pada handlebar (stang) motor. Selain dari fungsinya sendiri yang sesuai dengan namanya, yakni untuk melindungi tangan, namun juga bisa digunakan menambah rasio kegantengan motor :D. Dalam hal melindungi tangan rider, paling maksimal ketika terjadi hantaman dari arah depan, selain itu juga mencegah tangan rider terjepit oleh handle rem atau kopling ketika terjatuh, memberikan proteksi dari arah samping serta paling tidak meminimalisir cedera. Di pasaran, banyak sekali merk…

Review Overview

User Rating: 4.8 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

10 comments

  1. Saya ingin pasang Handguard dimotor Honda Astrea Grand,,tetapi stangnya belum dilubangi disebelah kanan(gas),,apakah ketika dilubangi akan berpengaruh ke Gas nya atau tidak? Thx..

  2. Om aya mau tanya yg jual dudukan handguard dual road yh model cuma diujung setang dimana ya om soalna dudukan sya patah om tolong om informasi na terimakasih

  3. om, itu perlu ganti stang ato stang masih bawaan motornya? coz besi handguardnya kan biasanya panjang om?

    • Untuk perlindungan maksimal, pertimbangkan untuk menggunakan bahan yang benar2 kuat ketika terjadi impact. Kalau bahan 100% plastik pastinya tidak sekuat ketika terbuat dari bahan besi, atau ada bagian besi -nya.

Silahkan berkomentar