Home > Otomotif > Perawatan Filter Udara

Perawatan Filter Udara

Filter udara, komponen ini sebenarnya tidak perlu dilakukan perawatan yang rumit. Karena kalau sudah kotor dan usang (terutama yang berbahan kertas) tinggal diganti dengan yang baru. Namun lain halnya untuk yang berbahan busa, seperti di Yamaha Scorpio Z.

Filter udara New Scorpio Z yang terbuat dari busa. Waktu pemakaian cenderung lebih lama dan awet dari pada yang berbahan kertas

Langkah pertama dalah melepas dulu filter udaranya, dan terlihat seperti gambar di atas. Kemudian cuci dengan detergen cair (ga tahu sebenarnya boleh apa ga) sampai kotorannya hilang dan warna busa kembali cerah. Kemudian keringkan sampai benar-benar kering.

Filter yang telah dicuci bersih kemudian dikeringkan sampai benar-benar kering

Setelah benar-benar kering, basahi busa dengan oli baru (bukan bekas lho ya), kemudian peras. Busa harus basah oleh oli, tapi tidak sampai menetes. baru kemudian dirakit kembali dan dipasangkan ke motor. Demikian salah satu tips perawatan filter udara berbahan busa, mungkin bisa dicoba sebelum diganti ke yang baru.

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar