Home > Lainnya > Perpanjangan SIM C Di Satlantas Boyolali

Perpanjangan SIM C Di Satlantas Boyolali

Hari ini Rabu, agenda saya hari ini adalah ke Satlantas Boyolali buat perpanjangan SIM C yang akan habis masa berlakunya awal bulan depan. Saya berangkat agak pagi sekitar pkl. 8.30 dengan harapan antrian disana belum begitu banyak. Maka meluncurlah saya ke Satlantas Boyolali yang belokasi di Jl. Pandanaran yang entah berapa nomornya, tapi pastinya di sebelah barat pasar Sunggingan atau sebelum perempatan Terminal Boyolali kalau dari arah timur.

Masuk ke lokasi, trus parkirkan kendaraan. Tidak lupa untuk tidak mengunci stang biar tukang parkirnya bisa geser-geser buat merapikan motor. Tidak lupa remote ditekan “tuit tuit” biar si pio ter-lock dan aman di posisinya. Kemudian saya menuju tempat fotokopi di bagian kiri bangunan. Disitu saya bilang mau perpanjang SIM C, trus disitu fotokopi KTP dan SIM C dan dikasih map warna biru. Biaya fotokopi Rp3.000,-.

Step berikutnya adalah KIR Dokter. Saya menuju sebelah Apotik Miranti yang lokasinya persis di depan kantor Satlantas, ya kira-kira ke kiri sedikit. Disitu sudah antri sekitar 5-6 orang. Isi formulir trus masuk ke ruangan buat di test baca huruf, test buta warna dan test tekanan darah. Selesai, bayar Rp20.000,-.

Ruang Tunggu Permohonan

Berikutnya kembali ke Satlantas dan menuju loket pendaftaran buat minta formulir. Setelah dapat formulir, diisi dengan lengkap dan diserahkan kembali ke loket dan SIM C asli yang lama ikut diserahkan. Setelah beberapa lama kemudian dipanggil dan dikasih map yang berisi berkas tadi yang sudah dientry data, kemudian serahkan berkasnya ke loket BRI buat bayar. Disini bayar Rp75.000,- Disini belum ada mesin antrian seperti di bank. Kayaknya peluang nih buat ditawarkan salah satu produk dari Wish Enterprise, yakni QWine Qeueu Machine.. ha ha otak bisnis mulai jalan … 😀

SIM C Baru

Disini saya sempat berbincang dengan bapak-bapak yang SIM C nya telat 8 bulan, katanya dimintai bayar Rp150.000,- cuman tepatnya saya ga tanya lagi apakah masih harus tes ulang atau tidak.

Kira-kira 20 menit, petugas memanggil buat foto. Proses foto, pertamanya konfirmasi data sesuai KTP, kemudian sidik jari, tanda tangan dan foto. Nunggu sekitar 15 menit, SIM pun dibagikan. Total waktu dari berangkat dari rumah sampai pulang ke rumah lagi gak lebih dari 1 jam. Disini saya ga sempat foto-foto karena terlalu asyik ngobrol dengan beberapa orang yang sedang antri.

Rekap biaya perpanjangan SIM C

  • SIM C : Rp75.000,-
  • Kir Dokter : Rp20.000,-
  • Fotocopy : Rp3.000,-
  • Parkir : Rp2.000,-
  • Jadi semua total Rp100.000,-

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar