Home > Hardware > Aksesoris Lainnya > Prototype USB Charger v2

Prototype USB Charger v2

Setelah sebelumnya berhasil membuat prototype USB Charger v1, dan telah berhasil dengan ujicoba perjalanan Boyolali-Wonosobo dan sebaliknya Non-Stop tanpa kendala, iseng-iseng bikin yang versi kedua.Β Artikel sebelumnya bisa dilihat di disini dan disini.

Versi kedua ini dibuat masih dengan simple-simple aja ga pake ribet, bahan masih sama dengan kemarin. Versi pertama kemarin panas sekali, sehingga untukv ersi kedua dicoba buat menambahkan IC LM7809 diantara LM7812 dan LM7805, hasilnya masih tetap panas tapi ga sepanas kemarin yg sampai meleleh ketika menyentuh body plastik.

Kalau di versi kemarin kabel USB extender nya ditaruh diluar, sekarang ditaruh di dalam. Yang muncul di luar cuman kabel power, led, saklar dan colokan USB.

Dalemannya (masih kacau πŸ˜€ ) dan testing untuk nge-charge, it’s work.

Tutup diolesin Red Silicon yang biasanya diapake buat gasket.. hehehe… ide nya biar lebih waterproof…. maksa banget yach…. wis lah ga usah protesss πŸ˜›

Dipasang dengan bracket sederhana aja dan keempat baut diselotip hehehe.. ben ga kemasukan air.

Dipasang ke jalur kunci kontak, dan turn-on…. well.. nyalaa mas bro …

Dicoba buat nyalain Galmin (bukan Garmin) GPS Navigation, siap meluncur buat testing.

Kesimpulan sementara versi kedua ini:

  1. Masih tetap panas meski ga sepanas kemarin;
  2. Belum 100% waterproof namun jauh lebih safe dari versi pertama, mungkin cukup aman lah kalau gerimis (blm di test) catatan: sewaktu hujan atau sedang dicuci bungkus pake plastik untuk mengindari konslet, minimal tutup lubang USB nya pake selotip dan pastikan saklar sudah dalam posisi OFF. Dan yang pasti ga boleh direndem πŸ˜€

Update v2.1

Untuk mengatasi panas, ada beberapa ubahan di versi 2 ini. Masih tetap menggunakan LM7805, cuman kali ini LM7812 dan LM7809 saya hilangkan, saya ganti dengan diode zener 7,5V. Jadi arus yang masuk ke LM7805 dipastikan tidak akan lebih dari nilai 7,5V. Mengenai cara kerja diode zener ini, cari sendiri ya .. hehehe… dan juga pasang heatsink di IC nya untuk mereduksi panas. Hasilnya uademmmm.

v2.1

CATATAN: V2.1 ini gagal beroperasi setelah dicoba untuk jalan beberapa lama. Penggunaan Diode Zener tanpa diperkuat dengan transistor, ternyata arus hanya 30mA.. jelas tidak cukup untuk mencharger handphone. Jadi meski arus yang masuk ke LM7805 memang benar hanya 7.5V, tapi arusnya tidak mencukupi.

Untuk versi berikutnya V3, akan coba saya buat lagi namun tidak menggunakan IC LM7805 tapi menggunakan seri yang lain. Tunggu saja πŸ˜€ πŸ˜€

 

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

11 comments

  1. mas tolong di sertakan rangkaian gambarnya juga dong di gambar pake kertas trus difoto gitu biar saya bisa. saya masih belajar soalnya. πŸ˜€

  2. update lagi mas

  3. Minta rangkaiannya dong mas πŸ˜€

  4. Ada perkembangan baru untuk charger V.3 nya? saya tertarik juga buat bikin sendiri,, tapi ga terlalu ngerti masalah elektronika,, hehehe

    • yang versi 3 hampir sama dengan yg versi 2, cuman ditambah transistor D313 sebagai penguat arus. seterusnya, charger sederhana ini dipakai untuk emergency aja, dan tidak disarankan untuk pemakaian berkelanjutan. UNtuk dipakai terus, sebaiknya menggunakan produk yang sudah jadi dan lebih aman.

  5. pake dioda aja gak ribet

  6. di tunggu om yang versi 3nya..

    ane lagi nyoba buat dari yang versi pertamanya nih.. hehe..

    rencana mau dibawa turing ke puncak, biar ga ribet beli powerbank buat si andro yang boros kalo lagi pake GPS + Inet on, mending bikin yang kreatif kaya gini, powernya ga bakal abis lagi..

Silahkan berkomentar