Home > Review > Review Motul Ester 5100 SAE 15w-50 Yamaha New Scorpio Z ( Part 2)

Review Motul Ester 5100 SAE 15w-50 Yamaha New Scorpio Z ( Part 2)

Melanjutkan posting sebelumnya disini, review ini untuk 0-200 km. Dengan kondisi motor sama dengan sebelumnya alias hanya ganti oli saja tanpa setting ulang karbu dll. Jarak yang ditempuh 200-an km antara Boyolali – Pemalang. Melewati rute pegunungan Selo – Ketep, jalanan pedesaan daerah Temanggung, hingga jalan Pantura Batang – Pekalongan – Pemalang.

Dengan bobot rider 80kg, ditambah muatan sekitar 12kg. Berikut beberapa review penggunaan oli Motul Ester 5100 SAE 15w-50 di Yamaha New Scorpio Z.

Akselerasi, saya rasakan lebih lambat dibandingkan dengan Motul Gold yang serasa mudah sekali mencapai RPM 8rb bahkan 9rb. Namun ada perbedaan signifikan yang saya rasakan, yakni ketika menggunakan Motul Gold, ketika sudah di RPM 8500 ke atas, tenaga masih ngisi tapi cenderung menurun dan kurang padat. Kayak garing gitu. Tapi di Motul Ester ini, meski akselerasi lambat, namun sampai di RPM 9rb bahkan menyentuh red line, tenaga masih padat. Mungkin efek oli masih baru, entah nanti ketika sudah di atas 700km,

Seperti Motul Gold yang saya gunakan sebelumnya, Motul Ester ini pun cukup piawai untuk membelah jalan berliku pegunungan. Tanjalan, turunan & belokan tajam pun sukses dilewati tanpa kendala berarti. Apalagi di ketinggian dengan suhu lingkungan yang cukup dingin, oli bekerja sempurna.

Memasuki Pantura, kekhawatiran saya mulai muncul, dimana pada Motul Gold sebelumnya, sangat tidak nyaman untuk diajak bermacet-macet ria dan kadang timbul gejala selip kopling. Saya belum berhasil mengeksplore lebih jauh ketika di kondisi macet, karena kebetulan pas lewat pantura, kondisi jalan cukup lancar dan minim kemacetan di ruas jalan yang saya lewati.

Untup top speed, saya sendiri tidak begitu perhatian sih, tapi sempat terintip ketika jalan lurus mendatar di pantura, sempat melihat speedometer menunjukkan 120km/jam dengan gear 4 posisi RPM 8rb. Dengan asumsi keakuratan minus 10%, maka perkiraan speed 120km/jam di speedo, real speednya adalah 108km/jam klo diukur dengan GPS.

Melanjutkan posting sebelumnya disini, review ini untuk 0-200 km. Dengan kondisi motor sama dengan sebelumnya alias hanya ganti oli saja tanpa setting ulang karbu dll. Jarak yang ditempuh 200-an km antara Boyolali - Pemalang. Melewati rute pegunungan Selo - Ketep, jalanan pedesaan daerah Temanggung, hingga jalan Pantura Batang - Pekalongan - Pemalang. Dengan bobot rider 80kg, ditambah muatan sekitar 12kg. Berikut beberapa review penggunaan oli Motul Ester 5100 SAE 15w-50 di Yamaha New Scorpio Z. Akselerasi, saya rasakan lebih lambat dibandingkan dengan Motul Gold yang serasa mudah sekali mencapai RPM 8rb bahkan 9rb. Namun ada perbedaan signifikan yang saya rasakan, yakni…

Review Overview

User Rating: 4.65 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar