Home > Lainnya > Kuliner > Ala Chef Imam > Risotto And Pan Seared Scallop With Salad And Vegetables And Tomatto-Chilli Combined Sauce With Pepper
Risotto And Pan Seared Scallop With Salad And Vegetables And Tomatto-Chilli Combined Sauce With Pepper

Risotto And Pan Seared Scallop With Salad And Vegetables And Tomatto-Chilli Combined Sauce With Pepper

Hari Selasa kemarin, saya ada ide untuk bikin masakan Risotto. Saya pun meluncur ke salah satu pusat perbelanjaan di Solo. Ide nya cari beberapa bahan yang cukup susah didapat di pasar tradisional. Salah satu inceran saya adalah keju mascarpone yakni keju yang terbuat dari cream. Karena pas nyoba bikin risotto kapan hari, pake nya keju ceddar yang dilarutkan sama krimer, jadinya malah manis dan eneg.. haha

Akhirnya dapet Ricotta Cheese dan Greenfields dengan kemasan 250g seperti gambar di atas. Kayaknya ini mirip mascarpone deh, soale saya awam soal keju. Klo dari keterangannya ish soft white cheese, jadi anggep aja sama. hahaa 😀 Harga 30rb aja. setelah itu nyoba cari scallop, dan sayang sekali dapetnya cuman kecil-kecil. Susah nyari yang besar-besar. Dapet 1kg seharga 40rb an. saya beli yang masih ada cangkangnya. Soalnya klo dah kupasan, 80rb an per kilo nya. hehehe.

Sorenya pas di rumah, menjelang buka puasa, mulai deh acara masak memasak. Ditemani istri tercinta yang menyiapkan bumbu-bumbunya. Cukup simple kok.

Caranya:

  1. Rebus ayam untuk dibikin kaldu, kalau sudah mendidih biarkan tetep mendidih dengan api paling kecil.
  2. Siapkan pan, masukkan minyak dan margarin secukupnya, dan cairkan.
  3. Tumis bawang bombay dan bawang putih, plus garam sedikit aja.
  4. Masukkan beras (tanpa dicuci lho), berapa jumlahnya terserah. 1 genggam biasanya buat 1 orang.
  5. Aduk campuran beras dan tumisan bawang bombay tadi kira-kira 2-3 menit.
  6. Masukkan scallop yang sudah diiris kecil-kecil dan sayuran yang sudah dipotong kotak-kotak. saya pake buncis ama wortel dan sedikti bayam (masukkan terakhir setelah hampir matang).
  7. Masukkan kaldu 2-3 sendok sayur ke dalam tumisan beras.. dan aduk-aduk.. disni kuncinya, karena masak risotto itu santai, beras biar matang perlahan. kalau langusng masukkan air banyak, nanti jadinya bubur.
  8. Kalau sudah agak mengering airnya, tambahkan lagi kaldu 2-3 sendok sayur.
  9. Ulangi langkah 7 dan 8 sampai tingkat kematangan yang diinginkan.
  10. Tambahkan lada bubuk, garam dan gula sesuai selera.
  11. Matikan api, tambahkan keju 2 sendok makan, aduk-aduk sampe rata.
  12. Risotto dah matang, tinggal goreng beberapa scallop pake pan dengan minyak dan margarin.
  13. Dah selesai, tinggal tata di piring. Tambahkan daun selada, tabur pake keju cedar parut, taburkan juga lada bubuk, plus campuran saus tomat dan saus cabe (pake botolan sih, ga sempat bikin sendiri).
  14. Done…

Nah ini risotto ala saya… hehe… Risotto adalah hidangan khas Italia yang berbahan dasar nasi. Masakan pokok Italia yang kaya nutrisi ini disukai oleh kalangan muda maupun tua, dan menjadi masakan Italia favorit orang Indonesia. Masakan ini berasal dari abad ke-14 SM, ketika orang-orang Arab membawa beras ke Italia dan Spanyol.

Hari Selasa kemarin, saya ada ide untuk bikin masakan Risotto. Saya pun meluncur ke salah satu pusat perbelanjaan di Solo. Ide nya cari beberapa bahan yang cukup susah didapat di pasar tradisional. Salah satu inceran saya adalah keju mascarpone yakni keju yang terbuat dari cream. Karena pas nyoba bikin risotto kapan hari, pake nya keju ceddar yang dilarutkan sama krimer, jadinya malah manis dan eneg.. haha Akhirnya dapet Ricotta Cheese dan Greenfields dengan kemasan 250g seperti gambar di atas. Kayaknya ini mirip mascarpone deh, soale saya awam soal keju. Klo dari keterangannya ish soft white cheese, jadi anggep aja sama. hahaa…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar