Home > Techno > Gadget > Smartphone Digunakan Sebagai GPS Navigator Di Motor

Smartphone Digunakan Sebagai GPS Navigator Di Motor

Bicara smartphone jaman sekarang, pasti tak lepas dari fitur-fitur canggih yang disematkan di dalamnya. salah satu fitur yang sudah jamak hadir di berbagai macam smartphone salah satunya adalah GPS. Di Android, kita bisa mengkombinasikannya dengan Google Maps & Navigation. Dengan catatan software gratis dari google ini memerlukan koneksi internet untuk streaming map-nya. Untuk produk lain yang bisa offline tanpa harus terkoneksi internet misalnya Sygic dan Navitel. Namun untuk kedua produk yang saya sebutkan terakhir ini kalau mau menggunakan fitur-fitur unggulannya harus merogoh kocek beberapa ratus ribu rupiah.

Buat kita yang mungkin tidak begitu terkendala dengan paket internet yang terbatas, mungkin menggunakan Google Maps & Navigation aja sudah cukup. Toh juga sebenarnya data yang distreaming ga besar-besar amat. Nah berikut ini adalah Lenovo S890 yang saya fungsikan sebagai GPS di motor.

Smartphone difungsikan sebagai GPC Navigation

Smartphone difungsikan sebagai GPC Navigation

Menggunakan bracket smartphone yang dapat dibeli beberapa tempat semisal Ace Hardware dengan harga kurang dari 100rb rupiah. Kemudian untuk urusan daya, saya gunakan charger mobil dengan terlebih dulu memasang socket lighter yang terhubung ke Aki. Kekurangannya adalah Lenovo S890 saya tidak anti air, jadi jelas tidak bisa digunakan buat hujan-hujanan. Mungkin bisa disiasati dengan menggunakan case anti air. Atau bagi para pengguna Sony Xperia yang waterproff bisa lebih diandalkan dikala hujan.

Galaxy Mini Navigation

Ini Galmin .. bukan Garmin lho 😀

Smartphone Samsung Galaxy Mini yang sekarang dipake oleh adik saya pun pernah saya fungsikan sebagai GPS Navigation. Malah terkesan compact karena dimesinya yang kecil. Dibanding dengan Lenovo S890 yang menurut saya kebesaran. Ntar aja klo ada rejeki hunting yang GPS Beneran dan anti air. Ada yang nawarin GPS buat motor di kaskus dengan banderol 2jtan lebih sedikit dan yg penting harus waterproof.

Bicara smartphone jaman sekarang, pasti tak lepas dari fitur-fitur canggih yang disematkan di dalamnya. salah satu fitur yang sudah jamak hadir di berbagai macam smartphone salah satunya adalah GPS. Di Android, kita bisa mengkombinasikannya dengan Google Maps & Navigation. Dengan catatan software gratis dari google ini memerlukan koneksi internet untuk streaming map-nya. Untuk produk lain yang bisa offline tanpa harus terkoneksi internet misalnya Sygic dan Navitel. Namun untuk kedua produk yang saya sebutkan terakhir ini kalau mau menggunakan fitur-fitur unggulannya harus merogoh kocek beberapa ratus ribu rupiah. Buat kita yang mungkin tidak begitu terkendala dengan paket internet yang terbatas, mungkin…

Review Overview

User Rating: 4.55 ( 1 votes)
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

2 comments

Silahkan berkomentar