Home > Otomotif > Modifikasi Motor > Upgrade Monoshock New Scorpio Z Pakai YSS
Upgrade Monoshock New Scorpio Z Pakai YSS

Upgrade Monoshock New Scorpio Z Pakai YSS

Melanjutkan posting saya yang kemarin disini, berikut ini saya coba ulas dengan singkat dan simple aja bagaimana cara upgrade monoshock New Scorpio Z sendiri. Cara pasang nya cukup mudah, jadi bisa dikerjakan sendiri di rumah, tidak usah ke bengkel. Atau kalau ga mau ribet ya sekalian beli, sekalian pasang juga, cuman nambah biaya pasang aja. Mungkin sekitar 20-30rb, lumayan juga euy.. dapet pertamax liter jee… 😀

yssstep1

Pertama kali lepas roda belakang, berikut CR (Connecting Road) dan AR (Arm Relay) nya juga. Karena saya sering bongkar bagian ini ketika mengecek greese-nya, maka tidak begitu kesulitan. Sekalian dibongkar, bersihin juga CR dan AR nya.

yssstep2

Langkah berikutnya adalah lepaskan tutup tengah di sisi kanan. Lepas aki dan dudukannya. Dan disitu dapat kita lihat baut yang mengikat monoshock bagian atas. Dengan begini, kita bisa dengan mudah melepas bautnya. Lepas baut tersebut, maka monoshock pun sudah dapat dilepas dengam mudah.

yssstep3

Perbandingan monoshock original dengan YSS. Terlihat ulir YSS sedikit lebih banyak. Pada tahap ini, ambil bushing dan seal karet dari monoshock lama dan pasangkan ke yang baru. Bushing yang dimaksud adalah pada bagian bawah, yakni yang terhubung dengan AR (Arm Relay). Untuk memasang bushing ini ke punya YSS, aga sulit, karena sudah sekali masuk, harus dengan dipukul pelan2 dengan terlebih dulu dikasih greese.

Setelah selesai memasang bushing, jangan lupa memasang juga seal karetnya. Kemudian pasangkan monoshock yang baru ke motor dengan cara berlawanan dari cara melepasnya tadi.

yssstep4

Terlihat di foto di atas, monoshock YSS sudah terpadang ke tempatnya. Tinggal merangkai kembali AR dan CR serta roda belakang.

yssstep5

Ban sudah terpasang, dan si pio resmi dapet upgrade monoshock yang dibanderol 800rb ini, semoga hasilnya memuaskan dan tidak mengecewakan, khususnya penyakit bawaan lahir si pio, yakni monoshock yang ambles.

yssstep6

Project Done … !

Melanjutkan posting saya yang kemarin disini, berikut ini saya coba ulas dengan singkat dan simple aja bagaimana cara upgrade monoshock New Scorpio Z sendiri. Cara pasang nya cukup mudah, jadi bisa dikerjakan sendiri di rumah, tidak usah ke bengkel. Atau kalau ga mau ribet ya sekalian beli, sekalian pasang juga, cuman nambah biaya pasang aja. Mungkin sekitar 20-30rb, lumayan juga euy.. dapet pertamax liter jee... :D Pertama kali lepas roda belakang, berikut CR (Connecting Road) dan AR (Arm Relay) nya juga. Karena saya sering bongkar bagian ini ketika mengecek greese-nya, maka tidak begitu kesulitan. Sekalian dibongkar, bersihin juga CR dan…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

9 comments

  1. Bang kalo boncengan masih ambles ga?

    • dengan setting middle, dan CR after market dari Abbys Performance, rim 17 dengan ban 130/70, tidak ambles. cuman mang tepi ban kadang gasruk ke tepi fender bagian bawah, coz lebar fender kurang dari 130mm.

      • Tp pio saya masih standar, velg ban masih bawaan pabrik. Cuma arm relay udh di buat baru di tukang bubut. Kira2 pake yss masih ambles ga ya dgn kondisi motor diatas.. Masih bingung mau pilih produk yss atau dbs yg kata tmn recomended keduanya.. Mohon bantuannya bang

  2. Salam kenal bro…. Ijin nyimax..

  3. Tapi saya rasa shock asli yang lebih keras dari yss, karena saya telah membandingkan di motor saya, saat berbelok, shock yss lebih empuk dan lembut dan mantap lah pokoknya

  4. Setelah ganti sok yss,lebih enak yg mana pak? Lebih empuk/nyaman yg mana?

    • YSS lebih keras dari shock asli. Juga lebih panjang sedikit, mungkin 1-2mm, tapi cukup buat menaikkan buritan mungkin 2-3cm. Saya set standard coz ga dikasih kunci buat setelnya, rebound agak keras klo buat sendiri, namun ok klo buat boncengan

Silahkan berkomentar