Home > Hardware > Wireless Tidak Bekerja Di Lenovo Thinkpad E420 Linux

Wireless Tidak Bekerja Di Lenovo Thinkpad E420 Linux

Beberapa waktu lalu, saya mencoba menginstall Ubuntu 11.04 dual boot dengan Windows 7 Professional x64 di laptop Lenovo Thinkpad E420 7NA. Saya mendapati bahwa wifi tidak bekerja dengan semestinya. Namun Bluetooth dapat berjalan dengan lancar. Setiap kali Wifi dihidupkan, hanya sekilas muncul keterangan wifi aktif, tetapi setelah itu off kembali.

Sempat berpikir mungkin Ubuntu 11.04 kurang kompatible, akhirnya saya berganti dengan sistem operasi lain yang lebih baru, yakni Fedora 16. Tetapi masalah tetep sama. Wifi tidak dapat aktif. Setelah ber-googling ria semalam suntuk, akhirnya mendapatkan pencerahan dengan mem-blacklist acer_wni di module.

$sudo nano /etc/modprobe.d/blacklist.conf

dan tambahkan

blacklist acer_wmi

Simpan dengan Ctrl+X dan ketik Y. Kemudian Reboot. Setelah proses reboot, wifi sudah dapat digunakan seperti dalam screenshoot yang sempat saya abadikan berikut ini:

Wireless on Lenovo Thinkpad E420 and Fedora 16

About Khoirul Imamudin

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar