Home > Programming > Beberapa Tips Menjadi Seorang Programmer
Beberapa Tips Menjadi Seorang Programmer

Beberapa Tips Menjadi Seorang Programmer

Ketika saya masih sekolah SMP dan SMA, denger kata Foxbase pertama kali rasanya asing. Wajar waktu itu saya juga baru belajar pakai komputer dan itupun paling banter Windows 95 dengan Office 97 di lab komputer milik sekolah. Denger kata Foxbase itu dari tetangga saya yang kebetulan memang jago dalam bidang komputer. Katanya Foxbase itu adalah sebuah program untuk membuat sebuah program, dan orangnya disebut sebagai Programmer. Dia juga bilang, selain Foxbase, masih ada banyak lagi tools seperti itu dengan berbagai macam bahasa. Mulai dari situ saya penasaran dan memang sudah tekad saya pada akhirnya untuk menjadi seorang programmer. Jadi kalau kira-kira orang ditanya “Cita-citamu apa ?” trus pada bilang “Dokter, Pilot, Insinyur dll” maka kalau saya yang ditanya, pasti saya jawab “Jadi Programmer”. Pas dengan hobby dan film favorit saya waktu kecil yg tidak jauh dari Science Fiction.

Berikut ini coba saya bagi beberapa tips bagi pembaca yang mungkin punya keinginan menjadi seorang programmer. Having fun aja berdasarkan pengalaman dan yang saya alami selama 10 tahun terakhir di dunia pemrograman komputer.

Senang Dengan Pemrograman

Mulailah dengan rasa senang. Senang membuat program, senang coding, senang men-debug program, senang berjam-jam otak atik kode program. Mulailah mencintai aktivitas coding ini. Jadikan coding itu adalah memang kesenangan kita, bukan karena memang kita bekerja sbg programmer, atau karena kita terpaksa jadi programmer dan atau alasan lain semacamnya.

Memulai Membuat Program

Istilahnya Learning By Doing. Belajar jadi programmer ya belajarlah untuk membuat program, sesuai dengan tujuan sebagai programmer. Mulailah dari hal yang kecil, dari hal yang sederhana, kemudian mencoba seterusnya ke tahap yang lebih sulit. Jangan menyerah kalau satu kasus belum terpecahkan, mungkin karena memang kita belum tahu caranya. Terus berekperimen dan berlatih.

Sharing Dengan Programmer Lain

Jangan malu untuk sekedar bertanya, ngobrol atau sharing knowledge dengan programmer lain di sekitar kita. Kalau tidak bertemu secara langsung mungkin bisa lewat forum, group di social media dan lain sebagainya. Dengan semakin sering kita ngobrol dengan programmer lainnya secara tidak langsung kita juga belajar bagaimana orang lain mengerjakan programnya, bagaimana tekniknya, bagaimana tips nya, apa saja tools nya dan disitu kita bisa belajar lebih banyak.

Ambil Kuliah Jurusan Programming

Kalau kita punya kesempatan kuliah, tidak ada salahnya mengambil jurusan yang berhubungan dengan pmerograman komputer. Misalnya Manajemen Informatika. Baik D1 maupun S1 atau bahkan ingin melanjutkan hingga S2/S3, kalau ada kesempatan dan biaya mencukupi, itu sangat bagus. Tapi seandainya tidak memungkinkan, tidak ada salahnya belajar secara otodidak dengan berbekal buku dan internet.

Fokus Di Satu Bahasa

Meski akan sangat bagus ketika kita menguasai bermacam bahasa, namun kalau kita baru pertama kali belajar pemrograman sebaiknya fokus dulu kepada satu bahasa. Satu bahasa disini tidak dimaksudkan memang satu bahasa dalam arti sesungguhnya, namun satu bahasa yang dimaksud adalah satu kesatuan. Jadi semisal kita belajar pemrograman web dengan PHP, maka kita juga harus belajar HTML, JavaScript dan lain sebagainya.

Bekerja Secara Tim

Penting untuk bisa bekerja dalam sebuah Tim Programmer dalam pengembangan sebuah program. Terkadang programmer pemula sebenarnya cukup tangguh ketika membuat sebuah program yang dikerjakan sendiri, namun ketika dihadapkan pada project yang dikerjakan secara tim biasanya kesulitan.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa menambah semangat kita untuk menekuni bidang pemrograman komputer. Mungkin ada tips-tips menarik lainnya silahkan dibagi para pembaca lainnya di kolom komentar.

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: