Home > Hardware > Server & Personal Computer > Begini Cara Aman Untuk Upgrade Proxmox VE Versi 4.4 ke Versi 5.2
Begini Cara Aman Untuk Upgrade Proxmox VE Versi 4.4 ke Versi 5.2

Begini Cara Aman Untuk Upgrade Proxmox VE Versi 4.4 ke Versi 5.2

Proxmox VE versi 4.x telah berakhir masa support nya pada akhir Juni 2018, sehingga setelah itu server yang masih menggunakan versi 4.x otomatis tidak akan mendapat update lagi setelahnya kecuali untuk update yang berhubungan dengan security. Update terbaru seperti fitur-fitur baru juga tidak akan ditambahkan. Semua pengguna disarankan untuk segera upgrade ke versi Proxmox VE yang lebih tiggi yakni versi 5.x. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk upgrade promox dari versi 4.x ke versi 5.x. Untuk Anda yang masih menggunakan versi 3.x, silahkan upgrade dahulu ke versi 4.x baru ke versi 5.x.

Langkah pertama, kalau Anda tidak subscription support Proxmox VE, maka Anda bisa menggunakan layanan upgrade non subscription. Langkahnya adalah edit dulu repository nya dengan perintah sebagai berikut:

kemudian tambahkan adderss utntuk repository non subscription dengan cara berikut:
Tambahakan baris sebagai berikut sebelum baris security updates:
Sehingga baris lengkapnya menjadi sebagai berikut:

Langkah berikutnya pastikan sistem Anda sudah upgrade ke versi terbaru/terakhir dari versi 4.4 dengan cara eksekui perintah berikut ini:

Pastikan semua berjalan dengan baik dan tidak ada error. Untuk mengecek versi proxmox yang digunakan, berikan perintah berikut:

Atau Anda  juga bisa lihat di dahsboard proxmox berikut ini:

Di atas terlihat dashboard dari Proxmox VE 4.4 berikut keterangan bahwa support telah berakhir pada akhir Juni 2018. Kemudian langkah berikut nya sebelum upgrade, adalah merubah kembali isi repository dengan perintah sebagai berikut:

Tidak harus menggunakan nano, Anda bisa pakai pico, vi, vim atau editor apapun favorit Anda. Setelah terbuka, edit semua yang bernama jessie menjadi stretch. Perlu diketahui Jessie adalah distribution name untuk Debian 8, sedangkan Strecth adalah distribution name untuk Debian 9. Setelah dirubah, maka isi dari repository menjadi sebagai berikut:

Setelah itu, simpan dengan tekan CTRL+X dan ketik Y untuk konfirmasi. Langkah berikut nya adalah eksekusi perintah untuk upgrade dengan cara sebagai berikut:

Kemudian tunggu hingga proses upgrade selesai. Setelah semua selesai, Anda bisa cek kembali versi proxmox setelah diupgrade ngan cara ketik:

dan akan muncul keterangan sebagai berikut:
atau bisa melihatnya dari dashboard sebagai berikut:

Proses upgrade Proxmox VE versi 4.x ke versi 5.x selesai.

 

 

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: