Home > Programming > Pemrograman Java > Enkripsi Sebuah String Dengan Java
Enkripsi Sebuah String Dengan Java

Enkripsi Sebuah String Dengan Java

Adakalanya dalam program yang kita buat, memerlukan fungsi tertentu untuk enkripsi sebuah karakter atau string. Enkripsi untuk bertujuan untuk menyembunyikan informasi tertentu yang sifatnya rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain. Dalam hal ini contoh yang paling umum adalah Password, dimana password untuk masuk ke sebuah aplikasi biasaya disimpan ke dalam sebuah database yang tentunya harus dirahasiakan.

Pada kesempatan kali ini saya coba ketengahkan bagaimana cara membuat enkripsi sederhana dalam pemrograman Java. Untuk diketahui, saya menggunakan NetBeans 7.3.1 dengan Source/Binary Format JDK 7. Jadi mungkin code ini tidak akan langsung bisa jalan di JDK 6.

Buat sebuah Project Baru di NetBeans. Saya anggap pembaca sudah paham cara membuat sebuah project di NetBeans dan menambahkan beberapa class serta JFrame untuk membuat sebuah program sederhana. Jadi tutorial berikut ini hanya saya sampaikan intinya saja, sedangkan detail dan pengembangannya dapat pembaca sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan.

Pertama tambahkan dulu sebuah class dengan nama Encryption.java, kemudian tambahkan code berikut ini:

Setelah itu, perhatikan bagaimana cara penggunaannya di bawah ini. Saya asumsikan menggunakan 2 buah jTextField dan sebuah Button. jTextField1 adalah teks yang akan dienkripsi dan jTextField2 adalah string hasil enkripsi. Kemudian tambahkan code dalam event jButton1ActionPerformed sbb:

Hasilnya dapat pembaca lihat dalam screenshoot berikut ini:

encrypt

Selamat belajar & semoga bermanfaat 🙂

One comment

  1. maaf ni gan mau tanya
    dicoding key nya udah otomatis di isi dari 1 – f kan
    kalau misal kita mau isi manual …???
    jadi apa yang diubah gan…

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: