Kenapa Memilih Bahasa C#

Saya mengenal dan menggunakan Visual Basic kira-kira 3 (tiga) tahun lamanya. Mulai dari saat pertama kali kerja di Sidoarjo sampai kira-kira pertengahan tahun 2007. Sejak itu saya mencoba sesuatu yang baru dengan belajar bahasa pemrograman yang baru yang lebih powerfull dan lebih modern.

Pertanyaannya adalah kenapa saya memilih C#, berikut mungkin kira-kira gambaran jawabannya yang saya rangkum dari beberapa referensi di internet.

Bahasa Yang Sederhana

Sifatnya sederhana karena bahasa ini dibangun berdasarkan bahasa C dan C++. Kalau mungkin kita saat ini sudah mengenal C, C++ ataupun Java, maka di C# kita akan menemukan beberapa aspek yang familiar seperti statements, expression, operators dan beberapa fungsi yang diadpsi langsung dari C dan C++ yang tentunta dengan beberapa penyederhanaan. Dikatakan sederhana karena C# juga menghilangkan beberapa hal yang dinilai terlalu komplek ketika di lingkungan C dan C++, misalnya macro, templates, multiple inheritance dan virtual base classes.

Modern

Sebagai sebuah bahasa modern yang pastinya mendukung fitur-fitur modern seperti exception handling, garbage collection, extensible data type dan code security.

Object Oriented Language

Dan sepertinya ini adalah sesuatu yang wajib untuk bahasa pemrograman modern, dan C# sudah mengadopsi model pemrograman ini.

Powerful & Flexible

Dapat digunakan untuk membuat sebuah aplikasi mulai dari yang simple sampai yang rumit. Bahkan C# bisa digunakan untuk membuat kompiler untuk sebuah bahasa pemrograman.

Efisien Dengan Sedikit Keyword

Bahasa pemrograman dengan banyak Keywords adalah bahasa yang canggih, mungkin ungkapan tersebut tidaklah selalu benar.  Dengan sedikit keyword C# mengeliminasi banyak kerumitan yang sering dialami oleh programmer.

Moduler & Dukungan Teknologi .NET

Karena mendukung model Object Oriented Programming, maka C# otomatis juga mendukung pengambangan aplikasi secara moduler. Bahkan dengan .NET, dalam satu solution bisa berkolaborasi dengan beberapa bahasa lain yang sama-sama didukung oleh .NET misalnya VB.Net

Demikian beberapa alasan mengapa saya dan para pembaca sekalian mungkin layak untuk mempertimbangkan C# sebagai bahasa pemrograman pilihan.

Sumber Referensi: Disarikan dari buku Project Otak Seri Buku Komunitas berjudul Pengenalan Bahasa C# yang dapat Anda download pada link di bawah ini.

[wpdm_file id=3 title=”true” desc=”true” template=”facebook” ]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.