Membangun Document Management Server Dengan OnlyOffice (Bag. 2 : Instalasi Document Server)

Melanjutkan bahasan sebelumnya pada Bagian 1, kali ini kita akan mulai ke bagian yang lebih serius. Document Management Server yang nantinya coba kita bangun, akan terdiri dari 2 (dua) buah server yang saling terhubung, yakni:

  1. Document Server
  2. Community Server

Document Server adalah sebuah server yang bertugas sebagai viewer dan juga editor dari OnlyOffice. Jadi engine aplikasi OnlyOffice baik itu modul Document, Spreadsheet maupun Presentation, semua dikelola oleh Document Server ini. Server ini nantinya cukup diinstall dan standby. Operasional penggunaannya nanti baru kita pakai Community Server yang berfungsi sebagai Portal-nya.

Sebelum kita mulai instalasi, berikut ini adalah System Requirements yang disarankan untuk membangun Document Server:

  • CPU : Dual Core 2GHz atau lebih tinggi.
  • RAM : 2GB atau lebih tinggi
  • HDD : Minimal 40GB Free Space
  • SWAP : minimal 2GB
  • OS : Debian, Ubuntu, atau lainnya yang kompatibel dengan kernel minimal 3.13
  • Dependency : PostgreSQL 9.1, Nginx 1.3.13, Node.js 8.12.0, LibStdC++6 4.8.4, Redis dan juga RabbitMQ

Untuk OS, saya sendiri pakai Ubuntu 14.04, sebelumnya saya coba pakai Ubuntu 16.04 dan 18.04 sebenarnya berhasil untuk instalasi Document Server, namun gagal ketika instalasi Community Server dimana library Mono tidak berhasil diinstall. Dan kebetulan setelah berhasil, entah karena setting yang keliru atau masih kurang, tidak bisa terhubung antara Community Server dengan Document Server nya, akhrinya semuanya saya install ulang pakai Ubuntu 14.04.

Yang pertama, pastikan sistem sudah diupdate ke yang lebih baru dengan perintah:

Kemudian kita install dulu paket curl kalau mungkin belum punya dengan perintah:

Setelah terinstall lanjutkan dengan instalasi paket Node.js dengan perintah berikut:

Teruskan dengan perintah berikut:

Kemudian lanjutkan dengan instalasi PostgreSQL dengan perintah berikut:

Setelah berhasil menginstall, lanjutkan dengan membuat database baru dan user privileges pada PostgreSQL dengan perintah berikut:

Kemudian lanjutkan dengan instalasi Redis Server sebagai berikut:

Kemudian install juga RabbitMQ dengan perintah berikut:

Kemudian lanjutkan dengan instalasi paket NPM dan Nginx-Extras dengan perintah berikut:

Kemudian kita lanjutkan dengan instalasi paket Document Server-nya sebagai dengan terlebih dahulu menambahkan GPG key dengan perintah berikut ini:

Kemudian tambahkan repository Document Server dengan perintah:

Kemudian lakukan update:

Dan mulai instalasi Document Server dengan perintah:

Cukup besar, sekitar 240MB, jadi silahkan tunggu sejenak hingga proses instalasi selesai. Ditengah instalasi, kita akan ditanyakan password PostgreSQL dari user onlyoffice yang tadi kita buat di atas. Tinggal masukkan saja, kemudian Enter.

Apabila proses instalasi sudah selesai, silahkan cek dengan mengetik IP Address Document Server pada browser favorit, maka akan muncul tampilan berikut ini:

Instalasi Document Server selesai dan untuk sementara biarkan seperti ini dulu tidak perlu disetup apa-apa. Secara default Document Server akan berjalan di Port 80, namun kita juga bisa merubahnya. Dan juga berjalan di protocol HTTP dimana dengan setting lanjutan kita bisa aktifkan juga HTTPS-nya.

Selamat belajar …

 

 

 

Khoirul Imamudin Author

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.