Membangun Document Management Server Dengan OnlyOffice (Bag. 3 : Instalasi Community Server)

Pada bagian ini kita akan melanjutkan ngobrol dan learning by doing nya soal Membangun Document Management Server dengan OnlyOffice (Bagian  1 & Bagian 2). Jangan lupa siapin kopi dan cemilan buat menemani aktivitas di pagi hari ini (kebetulan ini saya mulai ngetiknya pagi 😀 ). Community Server pada dasarnya bisa diinstall baik di Linux maupun di Windows, namun pada bahasan kali ini kita akan belajar instalasi di Linux. Community server bisa dibilang adalah Portal yang nantinya akan dihubungkan dengan Document Server. Mungkin lebih dari sekedar portal document management, karena di dalamnya juga terdapat beberapa modul seperti Project Management, CRM, Calendar, Email Client, Instant Messenger, File Sharing, Integration dengan Google Drive, Integration dengan DropBox, Invoicing System, Time Tracking, Blogs, Forums, Wiki dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah system requirement minimal yang direkomendasikan untuk instalasi Community Server:

  • CPU: Dual Code 2GHz atau lebih
  • RAM: 2 GB atau lebih
  • HDD: Minimsal 2GB Free Space
  • SWAP: 2 GB
  • OS: Debian, Ubuntu, atau distribusi lainnya dengan kernel minimal 3.10
  • Dependency: Mono, MySQL, Node.js, Nginx

Seperti bisa update dulu OS yang kita pakai dengan melakukan upgrade (saya menggunakan Ubuntu Server 14.04) dengan perintah sebagai berikut:

Pertama kita install dulu Mono library dengan perintah sebagai berikut:

Mungkin membutuhkan beberapa waktu, karena size library Mono sekitar 70an MB, lama atau tidaknya proses instalasi tergantung kecepatan internet yang sampeyan pakai. Setelah selesai, langkah berikutnya adalah instalasi Nginx Server dengan perintah berikut:

Kemudian kita lanjutkan dengan instalasi Node.js. Sama caranya seperti waktu kita install Document Server. Disini kita pakai Node.js versi 8 karena di versi 10 dan yang lebih baru tidak support di Ubuntu 14.04. Kalau sampeyan pake OS yang lebih baru, gunakan versi Node.js yang lebih terkini.

Setelah itu kita lanjutkan untuk pross instalasi Community Server dengan perintah berikut:

Instalasi Community Server sekitar 100MB, tunggu hingga muncul jendela yang meminta New Password untuk user Root MySQL. Setelah itu proses instalasi akan dilanjutkan kembali. Untuk memastikan semua sudah terinstall dengan baik, ketik perintah berikut ini:

Pergunakan perintah tersebut juga untuk memperbaiki proses install yang mungkin gagal atau ada kendala. Apabila proses instalasi telah selesai, buka browser dan arahkan ke IP Address server Community Server yang telah diinstall, hingga muncul jendela berikut ini:

Jendela ini untuk menentukan password baru untuk user Administrator. Masukkan password baru dan isikan email untuk user Administrator. Kemudian klik Continue.

Apabila sudah muncul jendela di atas, maka instalasi Community Server telah berhasil. Untuk bahasan selanjutnya, kita akan menghubungkan Community Server dan Document Server.

Selamat Belajar …

 

 

Khoirul Imamudin Author

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.