Membangun Document Management Server Dengan OnlyOffice (Bag. 4 : Menghubungkan Community Server Dengan Document Server)

Silahkan akses ke Community Server yang telah kita buat, login terlebih dahulu menggunakan akun adminitrator yang sudah kita tentukan ketika proses instalasi. Setelah masuk ke dashboard, klik menu Choose > Documents yang berada di sudut kiri atas dekat dengan logo OnlyOffice.

Kita akan melihat 3 buah dokumen sample masing-masing untuk Document, Spreadsheet dan Presentaion. Ketiganya dalam format Microsoft (.docx, .xlsx dan .pptx). Ketika kita coba klik salah satu file sample dalam daftar, maka hanya akan ada jendela untuk mengunduh file tersebut.

Jendela di atas muncul karena Community Server yang baru saja kita buat sekarang baru berfungsi sebagai semacam NAS atau tempat menyimpan saja, belum bisa untuk editing dan viewing secara langsung dari dokumen-dokumen yang ada di server. Untuk itu langkah selanjutnya adalah menghubungkan Community Server ini dengan Document Server yang telah kita buat sebelumnya.

Buka menu Settings dari pilihan menu di pojok kiri atas, kemudian di bagian menu sebelah kiri, pilih menu Integration > Document Service. 

Ada tiga isian yang harus diisikan antara lain:

  • Document Editing Service Address, isikan dengan ip address atau alamat domain Document Server
  • Document Service address for request from the Community Server, isikan dengan ip address atau alamat domain Document Server
  • Community Server address for request from the Document Service, isikan dengan ip address atau alamat domain Community Server, dalam hal ini adalah server localhost yang kita akses sekarang ini.

Setelah semua terisi lengkap, klik tombol Save. Sekarang kita bisa mencoba lagi membuat dokumen seperti di awal tulisan ini utnuk mencoba apakah sudah bisa menampilkan dan mengedit dokumen atau belum.

Bila sudah muncul jendela seperti ini, berarti kita sudah berhasil menghubungkan Community Server dengan Document Server. Sekian nanti kita lanjutkan kembali dengan materi setting SMTP yang berguna untuk membuat user dan aktivasi.

Selamat belajar …

 

Khoirul Imamudin Author

Nama saya Khoirul Imamudin. Tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan susunya, yakni Boyolali. Tinggal di sebuah wilayah yang cukup tidak lagi terpencil, tepatnya di Dukuh Jaten Wetan Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Selain aktif di dunia IT, saya juga hobby riding dengan motor, maka di blog saya ini konten yang saya bagi mungkin akan banyak bertemakan IT dan Otomotif.

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.