Home > Software > Office > Membangun Document Management Server Dengan OnlyOffice (Bag. 5 : Konfigurasi SMTP)
Membangun Document Management Server Dengan OnlyOffice (Bag. 5 : Konfigurasi SMTP)

Membangun Document Management Server Dengan OnlyOffice (Bag. 5 : Konfigurasi SMTP)

Masuk ke Bagian #5 dari bahasan kita tentang Membangun Document Management Server dengan OnlyOffice. Kali ini kita akan mengkonfigurasi setting SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Kenapa mesti dihubungkan ke SMTP ? Karena nanti proses pendaftaran dan aktivasi user akan menggunakan email, jadi server mesti dihubungkan ke sebuah SMTP server sebagai jalur pengiriman email.

Pada contoh kali ini, kita akan menggunakan SMTP dari Gmail. Sampeyan bisa pergunakan SMTP server mana aja yang sampeyan punya akses kesana. Untuk gmail, ada setting yang mesti kita ON kan dahulu biar server nanti bisa akses, caranya login ke gmail via browser, kemudian klik link berikut ini : http://myaccount.google.com/lesssecureapps

Kemudian geser knob pada Allow less secure apps menjadi ON. Kalau sudah, kembali silahkan login ke Dashboard Community Server, kemudian pilih menu Settings di sudut kiri atas. Pada menu sebela kiri, cari menu Integration>SMTP Settings

Kemudian masukkan parameter sebagai  berikut:

Host = smtp.gmail.com

Port = 465

Authentication = Yes

Host Login = Akun gmail Anda

Host Password = Password akun gmail Anda

Sender Display Name = Nama yang ingin dimunculkan dalam email yang dikirim

Sender Email Address = Alamat email yang ingni dimunculkan dalam email yang dikirim

Enable SSL = Yes

Setelah itu, klik tombol Save. Kemudia utuk test apakah setting sudah benar atau belum, klik Send Test Email dan pastikan muncul konfirmasi bahwa test berhasil dijalankan.

Kemudian buka email yang sampeyan gunakan buat setting SMTP ini, maka akan muncul sample test message berikut ini:

Kalau sudah muncul email seperti di atas, berarti konfigurasi SMTP kita sudah berhasil.

Aktivasi Email Administrator

Tinggal satu langkah lagi, yakni aktivasi email Administrator. Klik user Administrator di sudut kanan atas, kemudian pilih Profile.

Di atas terlihat bahwa user yang kita pakai belum diaktivasi. Klik Activate the email once again untuk mengirimkan email aktivasi ke email ybs. Kemudian buka Gmail, dan temukan email yang berisi link untuk aktivasi.

Buka email tersebut, dan didalamnya akan kita temukan link untuk aktivasi email sebagai berikut:

Kemudian klik link Click here to activate your email address.

Apabila berhasil, maka kita akan lihat halaman di atas yang menerangkan bahwa activasi email berhasil dan kita diminta untuk re-login ke server. Ketika kita buka kembali menu Profile, maka tulisan Email is not activated sudah hilang menandakan email yang kita pakai sudah teraktivasi.

Sekian untuk kali ini, lanjut lagi di bagian berikutnya kita akan mulai mendaftarkan / mengundang user untuk bergabung di server yang sudah kita buat.

Selamat belajar…

 

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: