Home > Software > Linux > Memperbaharui Certificate SSL (HTTPS) LetsEncrypt Ketika Blog Menggunakan CDN CloudFlare
Memperbaharui Certificate SSL (HTTPS) LetsEncrypt Ketika Blog Menggunakan CDN CloudFlare

Memperbaharui Certificate SSL (HTTPS) LetsEncrypt Ketika Blog Menggunakan CDN CloudFlare

Sudah beberapa waktu blog saya ini menggunakan SSL (HTTPS) dari LetsEncrypt. LetsEncrypt merupakan organisasi non-profit  dari Linux Foundation yang menyediakan SSL gratis. LetsEncrytp menawarkan pelindungan enkripsi standard, tapi tanpa warranty seperti halnya penyedia SSL komersial seperti RapidSSL, Symantec, Thawte dan lain sebagainya.

Setelah aktivasi, maka website atau blog akan dapat diakses menggunakan protocol HTTPS, dan konfigurasi saya sendiri langsung redirect ke HTTPS, jadi ketika mengakses blog saya ini via protocol HTTP,  maka akan langsung diredirect ke protocol HTTPS yang lebih aman.

Kebetulan blog ini saya hosting di sebuah vps berbarengan dengan beberapa domain lain. Saya menggunakan Ubuntu Server sebagai OS nya, kemudian Apache2 sebagai Web Server. Nah setelah sebelumnya blog ini berjalan tanpa CDN, maka beberapa waktu yang lalu yang mencoba aktivasi CDN dari CloudFlare dengan tujuan agar lebih cepat diakses, namun ada beberapa masalah muncul ketika certificate SSL nya expired. Seperti biasa dari console vps, saya mengetikkan perintah berikut ini untuk memperbaharuai certificate:

Tapi kemudian muncul keterangan error sebagai berikut, yang sebenarnya keterangan jauh lebih panjang, namun saya copy paste bagian yang menerangkan error saja.

Setelah mencoba googling, utek sana utek sini, sempat error 😀 dan akhirnya ketemu cara sebagai berikut, yakni menggunakan metode webroot. Entah apa itu saya belum explore lagi, langsung saya praktekin aja dengan perintah sebagai berikut:

Kemudian akan  muncul pertanyaan berikut ini:
Tinggal ketik U lalu tekan Enter untuk melanjutkan proses hingga muncul keterangan sebagai berikut:
Berhasil, kita bisa cek dengan mengetikkan perintah berikut ini:
Kemudian akan muncul keterangan berikut ini:
Certificate SSL berhasil diperpanjang untuk 90 hari ke depan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: