Home > Techno > Internet > Mengukur Seberapa Cepat Blogmu Dengan GTMetrix
Mengukur Seberapa Cepat Blogmu Dengan GTMetrix

Mengukur Seberapa Cepat Blogmu Dengan GTMetrix

Penting bagi kita para blogger untuk mengetahui seberapa cepat blog yang kita punya. Seberapa cepat blog kita terbuka, seberapa cepat diakses dan lain sebagainya. Selain menggunakan hosting yang terpercaya lagi bonafide, bandwidth yang mencukupi dan segala macam tetek bengek urusan hosting dan per-server-an yang harus terjamin kualitasnya, dari sisi engine dan konten blog kita sendiri pun mesti kita perhatikan.

Salah satu tool yang laris dipakai untuk pengukuran performa dan kecepatan sebuah website adalah www.gtmetrix.com. Tinggal silahkan meluncur ke alamat tersebut, ketik alamat web yang ingin dianalisa, dan klik tombol Analyze. Tunggu beberapa saat dan akan muncul hasilnya.

gtmetrix1

Latest Performance Report

Akan ditampilan Performance Scores berdasarkan 2 cara pengukuran yakni PageSpeed dan YSlow. Kemudian Page Details yang menampilkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka website, dan berapa total size (dalam MegaByte) yang dimuat serta berapa banyak request yang dijalankan. Di bagian selanjutnya dapat kita lihat detail dari masing-masing hasil pengukuran.

gtmetrix_ps

PageSpeed

Untuk mengetahui lebih detail dan cara yang direkomendasikan untuk meningkatkan performa, Expand masing-masing Recommendation untuk melihat detailnya sebagai berikut:

gtmetrix_psdtl

Recommendation

Dengan cara yang sama, silahkan lihat di tab YSlow dan juwa Waterfall dimana hasil analisa akan ditampilkan dengan jelas. Beberapa rekomendasi dari analisa tersebut dapat kita gunakan untuk mempercepat loading website maupun blog kita. Selain itu kita juga bisa membandingkannya dengan website lain dengan pilih tombol Compare di sudut kanan atas, dan memasukkan website yang ingin kita bandingkan.

Hasil Compare

Hasil Compare

Hasil compare akan dibandingkan, dapat juga menambahkan alamat web lain sampai dengan 4 alamat dengan klik tombol Add Another Url di samping kiri atas halaman Compare Reports ini, seperti yang ditunjukkan dalam gambar di atas.

Penting bagi kita para blogger untuk mengetahui seberapa cepat blog yang kita punya. Seberapa cepat blog kita terbuka, seberapa cepat diakses dan lain sebagainya. Selain menggunakan hosting yang terpercaya lagi bonafide, bandwidth yang mencukupi dan segala macam tetek bengek urusan hosting dan per-server-an yang harus terjamin kualitasnya, dari sisi engine dan konten blog kita sendiri pun mesti kita perhatikan. Salah satu tool yang laris dipakai untuk pengukuran performa dan kecepatan sebuah website adalah www.gtmetrix.com. Tinggal silahkan meluncur ke alamat tersebut, ketik alamat web yang ingin dianalisa, dan klik tombol Analyze. Tunggu beberapa saat dan akan muncul hasilnya. [caption id="attachment_3999" align="aligncenter"…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: