Home > Software > Nostalgia Dengan Windows 95
Nostalgia Dengan Windows 95

Nostalgia Dengan Windows 95

Yang seumuran saya silahkan tunjuk jari ? Atau mungkin sampeyan yang lebih tua dari saya silahkan maju ke depan… haha… kita nostalgia dulu dengan sebuah sistem operasi yang cukup jaya di masanya, Microsoft Windows 95. Buat sampeyan yang seumuran dengan saya, atau malah lebih tua, hampir bisa dipastikan akan mengenal sistem operasi yang dirilis oleh Microsoft 23 tahun yang lalu ini, atau tepatnya diperkenalkan ke publik pada Agustus 1995 menggantikan Windows 3.11.

Mengingat sudah uzur nya sistem operasi tersebut, maka akan sulit kalau kita coba install kembali di perangkat keras jaman sekarang yang notabene sudah jauh lebih canggih. Namun untuk sekedar bernostalgia, ternyata ada seseorang yang punya ide brilian untuk menjadikan Windows 95 ini menjadi sebuah aplikasi yang dapat diinstall di sistem operasi modern, baik Windows, Mac bahkan Linux.

Dialah Felix Rieseberg, yang juga pengembang aplikasi terkemuka yang juga sering saya pakai, yani Slack. Diapun mengunggah kode aplikasi Windows 95 di Github yang bisa diunduh oleh siapa saja disini secara gratis tentunya. Kita coba downlad, untuk versi windows 64 bit, dan coba kita eksekusi, langkah-langkah nya saya urai satu persatu di bawah ini. Tahap awal kita akan melihat kotak kecil dengan animasi seperti ini:

Tunggu sejenak hingga muncul jendela berikutnya sebagai berikut:

Pada tampilan di atas, klik saja Start Windows 95. Dan akan muncul sebagai berikut:

Tapi saya coba di laptop ketika masuk ke dalamnya, sangat lemot sekali, mungkin saya menjalankannya pas posisi banyak aplikasi di laptop yang terbuka. Maklum laptop jadul yg juga sudah cukup tua hehehe. Segitu saja nostalgianya, lanjutin sendiri ya mas bro…

Selamat bernostalgia …

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: