Home > News > Berita Internasional > Oracle Database 18c Express Edition Resmi Meluncur
Oracle Database 18c Express Edition Resmi Meluncur

Oracle Database 18c Express Edition Resmi Meluncur

Oracle mengumumkan bahwa Oracle Database 18c Express Edition (XE) sudah meluncur dan tersedia untuk diunduh. Sebuah kabar gembira bagi para DBA dan pengembang tentunya. Perlu diketahui bahwa Oracle Database 18c XE adalah versi Free dan Gratis dari database paling populer di dunia dan didukung penuh oleh komunitas. Saya sendiri pernah mencicipi versi Oracle Database XE versi 11 ketika masih jaman mainan Oracle dulu. Tepatnya beberapa tahun yang lalu, mungkin di sekitar tahun 2004 dimana waktu itu setiap hari berkutat dengan Oracle 8.0.5, kemudian pernah beberapa saat upgrade ke Oracle Database 10g sebelum akhirnya memutuskan untuk migrasi ke MySQL.

Apa yang baru di rilis ini ?

Jumlah CPU yang disupport meningkat 2x lipat menjadio 2 CPU dan memory yang didukung juga meningkat yakni 2GB. Untuk batas storage sendiri mencapai hingga 12GB. Meskipun versi gratis, Oracle Database 18c XE juga mengusung fitur-fitur antara lain pluggable databases, in-memory column store, compression, spatial & graphics support, ecryption, partition, analytical views dan banyak lagi.

Bisa dikatakan Oracle Database adalah True Multi-Model Database. Menyediakan dukungan untuk Relational, JSON, XML, Graphic, Spatial, Object, Key/Value Data dimana semuanya dapat digunakan oleh pengembang untuk berbagai aplikasi baik yang ditulis dalam Java, JavaScript, Python, .NET, Go, PHP, C/C++ serta bahasa pemrograman lainnya. Ketika dikombinasikan dengan Oracle REST Data Services, data akses juga dapat di inisiasi REST-Enabled, memungkinkan interraksi data di atas standard RESTFull Web Services. Selain itu, Oracle Application Express (APEX) juga dapat dengan mudah digunakan di atas Oracle Database 18c XE ini.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengkuti tautan berikut ini :

https://www.oracle.com/database/technologies/appdev/xe.html

atau buat Anda yang ingin segera mengunduh dapat mengikuti link berikut ini :

https://www.oracle.com/technetwork/database/database-technologies/express-edition/downloads/index.html

Sumber: https://blogs.oracle.com/oracle-database/oracle-database-18c-xe-now-available

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: