Sejarah Multistrada, Motor Hybrid Dari Ducati

Multistrada, model ini dikenalkan oleh Ducati di tahun 2003. Kata Multistrada merupakan bahasa Italia yang bila diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi “Many Roads” yang artinya motor yang memang di desain untuk bisa menaklukkan di banyak kondisi jalan mulai dari mulusnya aspal sampai jalan berbatu. Oleh karena itu, Multistrada merupakan motor hybrid perpaduan dari Supermoto dan Sport Touring. Kompetitor Multistrada untuk kelas multi-purpose ini misalnya BMW dengan seri GS-nya.

Di desain oleh Pierre Terblanche yang bisa dibilang adalah evolusi dari karya beliau sebelumnya, yakni Cagiva Gran Canyon. Pada dasarnya, Ducati Multistrada adalah model impian dari sebuah motor yang mencakup bermacam keunggulan yang dijadikan satu dalam sebuah motor. Kemampuan Sport yang cukup baik dan ketangguhan luar biasa meskipun digunakan untuk Touring jarak jauh. Cocok juga digunakan meski di daerah perkotaan dengan desain yang gagah serta elegan. Tapi kalau perkotaaan Jakarta yang super macet mungkin ga nyaman, lha wong berat. 🙂

Beberapa varian Ducati Multistrada yang beredar sekarang antara lain Multistrada 1200, Multistrada 1200 S Sport, Multistrada 1200 S Touring dan Multistrada 1200 S Pikes Peak. Bagi para penyuka Adventure seperti saya, mungkin motor jenis ini jadi impian yang semoga suatu saat bisa kesampaian 😀 . Tapi kalau saya sendiri, pribadi lebih suka modelnya Yamaha Super Tenere atau KTM Adventure daripada si Multistrada ini atau BMW GS. Relativitas … 😀

Ducati Multistrada 1000DS

Adalah seri Multistrada yang diperkenalkan pertama kali. Dengan pendingin udara, L-Twin Engine, 4-tak, dan displacement 992cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 84hp di 8000rpm dan torsi maksimum 84Nm di 5000rpm. Dijual dengan dua warna yakni merah dan hitam-grey. Diproduksi antara tahun 2003-2005.

Ducati Multistrada 1100

Multistrada 1100 maupun 1100s sama-sama dibekali mesin yang diperbaharui hingga dapat menyemburkan power hingga 95hp di 7750rpm. Multistrada 1100 menggunakan kopling basah sedangkan pada 1100s tambah dibekali dengan suspensi Onlins. Diproduksi antara tahun 2006-2009.

Multistrada 1000s DS

Meskipun sama-sama berbasis 1000DS, namun perbedaan mencolok di seri ini adalah dari sisi stang a.k.a handlebars, suspensi Ohlins yang bisa disesuaikan dan body dari serat karbon. Mesin sendiri mampu deliver power hingga 92hp di 8000rpm. Diproduksi dengan warna merah dan hitam antara tahun 2006 – 2009.

Multistrada 620

Masih di tahun yang sama yakni antara 2006 – 2009, Ducati juga memproduksi Multistrada 620. Mengunakan frame yang sama dengan 1000DS namun dengan jok yang lebih pendek, lengan ayun ganda, upside-down dari Mazocchi dan untuk suspensi belakang dari Sachs, dan displacement yang lebih kecil yakni hanya 618cc saja.

Ducati Multistrada 1200 & 1200S

Diperkenalkan pada EICMA motorcycle show di Milan, Italian pada Nopember 2009. Seri terbaru di jajaran Ducati Multistrada yang diproduksi sejak tahun 2010 hingga sekarang. Pembaharuan di handling, traksi dan desain. Displacement 1198cc dengan mengusung L-Twin Desmodromic engine dari model supersport 1198. Multistrada 1200 S muncul dalam dua versi yakni Sport dan Touring. Versi Sport menggunakan komponen dari serat karbon antara lain untuk cam belt cover, hugger dan air intakes. Sedangkan versi Touring dilengkapi dengan side panniers, heated grips dan standar tengah. Keduanya juga menggunakan Ducati Electronic Suspension (DES) System dimana pengaturan suspensi Ohlins dan ABS dilakukan secara elektronis. Dan juga di seri ini mulai diperkenalkan mekanisme Throttle by Wire.

Demikian sekelumit sejarah Ducati Multistrada yang saya rangkum dari bebeberapa sumber yang saya sebutkan di bawah ini. Kurang lebihnya silahkan dikoreksi maupun ditambahkan di kolom komentar.

Sumber Gambar & Referensi:

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Ducati_Multistrada
  2. http://www.motorcyclenews.com
  3. http://www.autoevolution.com
2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] kemarin malam, sekitar pukul 21.00 WIB ketika pas selesai bikin ulasan Sejarah Ducati Multistrada, kepala tiba-tiba rasanya muter-muter ga karuan. Sebenarnya tidak sakit, tapi rasanya dunia ini […]

  2. […] kita ngobrol sekelumit sejarah Ducati Multistrada, maka kali ini saya coba mengulas sedikit tentang Yamaha Super Tenere. Sebuah motor adventure […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.