Home > News > Berita Nasional > Sekilas Tentang Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (Sakpole)
Sekilas Tentang Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (Sakpole)

Sekilas Tentang Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (Sakpole)

Entah saya yang kuper atau kudet, kok ya baru tahu ternyata ada aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (Sakpole) yang diluncurkan oleh Samsat Jawa Tengah. Kurang tahu apakah daerah atau propinsi yang lainnya sudah menerapkan juga atau belum. Aplikasi tersebut berupa aplikasi mobile yang bagi Anda pengguna Android, bisa diunduh di Playstore.

Apa Itu Sakpole

Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) adalah layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan oleh Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Tengah, berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia guna pelayanan SAMSAT secara online (e-SAMSAT) yang dapat dilakukan secara nasional dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi layanan perangkat komunikasi mobile (Handphone).

Pemberlakuan wilayah administrasi dan hukum SAKPOLE adalah lingkup pelayanan wajib pajak/pemilik atas kendaraan bermotor yang terdaftar di Provinsi Jawa Tengah. SAKPOLE digunakan untuk melayani Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tahunan, SWDKLLJ dan PNBP Pengesahan STNK atas kepemilikan kendaraan bermotor dengan nama pribadi (perseorangan), dengan keterlambatan maksimal 10 Bulan sejak masa pajak berakhir. berkahir.

Sekilas Cara Kerja Sakpole

Wajib Pajak yang memanfaatkan layanan SAKPOLE, pada akhir proses pendaftaran akan mendapatkan Kode Bayar yang digunakan untuk melakukan proses pembayaran melalui layanan e-Channel perbankan (transfer, teller, e-Banking atau ATM). Adapun perbankan yang bekerja sama dengan layanan SAKPOLE adalah Bank Jateng dan Bank BNI. Meskipun demikian, untuk wajib pajak yang bukan nasabah dari dua bank tersebut, tetap bisa menggunakan layanan SAKPOLE dan bisa melakukan pembayaran melalui fasilitas transfer antar bank dari bank apapun.

Bagi wajib pajak yang sudah mendapatkan kode bayar dari aplikasi SAKPOLE dapat langsung melakukan pembayaran melalui channel perbankan, baik atas nama Wajib Pajak sendiri maupun atas nama orang lain.

Kode bayar berlaku selama 2 jam sejak diterbitkan. Apabila sampai dengan batas waktu pembayaran yang ditentukan dan Wajib Pajak belum melakukan pembayaran, maka kode bayar tidak berlaku lagi. Apabila tetap ingin melakukan pembayaran melalui SAKPOLE, maka Wajib Pajak dapat mengulang proses pendaftaran online kembali.

Tanda bukti bayar (e-SKPD) dapat didownload melalui aplikasi SAKPOLE dan berlaku selama maksimal 14 hari terhitung mulai dilakukan pembayaran. Dalam jangka waktu tersebut, WAJIB ditukar dengan SKPD asli dan dilakukan pengesahan STNK. STNK yang tidak dilakukan pengesahan dan tanda bukti bayar (e-SKPD) yang telah melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka tidak memiliki legitimasi operasional Ranmor dijalan.

Cetak notice pajak dan pengesahan STNK dapat dilakukan di seluruh lokasi SAMSAT Online Jawa Tengah dengan membawa dan menunjukkan STNK dan e-KTP Asli.

Fitur Lainnya

Selain digunakan sebagai pembayaran pajak kendaraan secara online, SAKPOLE juga memiliki fasilitas :

  1. Informasi Pajak Kendaraan Bermotor.
  2. Informasi Status (Blokir) Kendaraan Bermotor.
  3. Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor.
  4. Pencarian Lokasi : Kantor SAMSAT, Lokasi ATM, Lokasi Kantor Jasa Raharja, Lokasi Kantor Polisi & Lokasi RS/Klinik/Dokter.

Mencoba Aplikasi

Cukup menarik, apalagi diberitakan bahwa untuk pembayaran online untuk pajak tahunan kendaraan bermotor dengan lebih simple, cukup daftar di aplikasi ini, dapat kode bayar, bayarkan di bank, kemudian tanda bukti bayar nya di download dan ditukar dengan SKPD asli dan dilakukan pengesahan STNK di Samsat Online Seluruh Jawa Tengah. Terobosan yang menarik dan tentunya sangat bermanfaat, kita tidak perlu lagi antri berlama-lama di samsat hanya untuk membayar pajak tahunan. Tapi kayaknya mesti tetep antri juga ya untuk mendapatkan SKPD asli dan pengesanan STNK.

Tampilan awal ketika membuka aplikasi Sakpole

Menu yang ditampilkan cukup cantik dan jelas

Tampilan aplikasi di Playstore

Mencoba untuk melakukan pendaftaran pajak online

Ditolak karena memang belum waktunya pajak 😀

Menu Informasi Kendaraan

Informasi kendaraan ditampilkan dengan jelas

Informasi besaran pajak kendaraan juga ditampilkan dengan cukup baik

 

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: