Home > Networking > Modem & Router > Upgrade Antena Asus RT-N12HP Dengan Totolink Kit 11dBi
Upgrade Antena Asus RT-N12HP Dengan Totolink Kit 11dBi

Upgrade Antena Asus RT-N12HP Dengan Totolink Kit 11dBi

Asus RT-N12 HP asalah salah satu jajaran router High Power yang diperkenalkan oleh Asus pertama kali sekitar tahun 2013. Berbekal wireless N300 serta 2x9dBi dengan MIMO Technology, Asus RT-N12HP ini sangat layak untuk dipertimbangkan. Kebetulan saya beli seri ini mungkin sudah hampir 3 tahun, dan cukup good dipergunakan sampai sekarang meski sebenarnya untuk firmware di dalamnya agak kurang sreg karena minim fitur dan susah kalau mau diupgrade ke third party semacam DDWRT yang sudah sering saya gunakan. Tapi it’s okay lah, dengan firmware bawaan saya kira sudah lebih dari cukup.

Keisengan muncul ketika Totolink mengeluarkan produk sebuah antena omni directional dengan gain 11dBi yang detail spesifikasinya dapat dilihat disini. Dengan konektor RP-SMA female yang tentunya langsung cocok dipasang di router atau access point apapun, khususnya Asus RT-N12HP yang saya miliki. Spesifikasi yang tertung di web nya, antena ini bekerja pada 2.4GHz. Dijual dalam paket satuan, maupun paket Kit yang berisi 2 antena. Dan akhirnya saya membeli yang paket Kit dengan harga 100-ribuan. Kebetulan sekalian beli 4 pasang, karena mau dicoba dikawinkan juga dengan TP-Link EAP110 Outdoor yang antene bawaannya hanya 2x5dBi.

Asus RT-N12HP dengan antena bawaan dan Totolink 11dBi

Secara kasat mata panjang antena bawaan Asus RT-N12HP ini hanya terpaut sedikit sekali dengan antena Totolink. Mungkin hanya 5mm, lebih panjang milik Totolink, dan diameter juga lebih besar sedikit punya Totolink.

Sekitar 5mm, atau mungkin kurang
Diameter Totolink terlihat lebih besar

Langsung saja saya ganti antena bawaan dengan antena Totolink 11dBi, tapi terlebih dahulu saya capture signal yang diterima oleh smartphone. Jarak smartphone dengan router sekitar 5 meter, terhalang dinding, router berada di atas rak di ruangan sebelah.

Dari tempat saya duduk terdeteksi jarak 5.86 meter, tentunya ini tidak akurat karena hanya perkiraan yang dihitung router. Dengan besaran signal -54dBm.

Setelah saya ganti dengan antena Totolink, di jarak yang sama, tempat yang sama, saya terdeteksi 2.84 meter dengan besaran signal -48dBm. Cukup meningkat rupanya. Sekarang coba kita cek menggunakan aplikasi Wi-Fi Scanner di laptop, sebelum diganti tadi juga sudah saya capture.

Silahkan lihat pada list paling atas, sebelum diganti menunjukkan besaran signal yang didapat oleh laptop adalah -39dBm.

Kemudian setelah diganti, signal yang didapat menjadi -28dBm. Lumayan peningkatannya. Dengan antena lebih besar 2dBi, cukup berpengaruh dan dengan harga yang tidak begitu mahal, mungkin bisa jadi bahan pertimbangan untuk mengupgrade router atau access point Anda yang masih menggunakan antena kecil-kecil dengan gain biasanya hanya sekitar 2-5dBi saja.

Di atas adalah penampakan setelah antena bawan diganti dengan Totolink 11dbi.

Asus RT-N12 HP asalah salah satu jajaran router High Power yang diperkenalkan oleh Asus pertama kali sekitar tahun 2013. Berbekal wireless N300 serta 2x9dBi dengan MIMO Technology, Asus RT-N12HP ini sangat layak untuk dipertimbangkan. Kebetulan saya beli seri ini mungkin sudah hampir 3 tahun, dan cukup good dipergunakan sampai sekarang meski sebenarnya untuk firmware di dalamnya agak kurang sreg karena minim fitur dan susah kalau mau diupgrade ke third party semacam DDWRT yang sudah sering saya gunakan. Tapi it's okay lah, dengan firmware bawaan saya kira sudah lebih dari cukup. Keisengan muncul ketika Totolink mengeluarkan produk sebuah antena omni directional…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: